Pengelolaan Keuangan Daerah Harus Sesuai Peraturan Perundang-Undangan

DEDDY/BERITA SAMPIT - Seluruh bendahara OPD Kabupaten Barsel saat mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Implementasi CSM Corporate.

BUNTOK – Sosialisasi dan Implementasi Cash Management System (CSM) Corporate yang dilaksanakan oleh PT Bank Kalteng Cabang Buntok Kabupaten Barito Selatan (Barsel), di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat untuk melakukan administrasi pembukuan secara online.

Maka diharapkan, pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Barsel ini harus sesuai dengan peraturan perundang-udangan, sehingga apa yang direkomendasikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) akan dapat dilaksanakan dengan baik pula.

Hal tersebut dikatakan oleh Penjabat Bupati Barsel Lisda Arriyana, S.Sos saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan Sosialisasi dan Implementasi CSM Corporate di lingkungan OPD Kabupaten Barsel, Rabu 20 Juli 2022 di aula kantor Bupati setempat.

Dikatakan Lisda, CSM Corporate ini merupakan layanan online melalui internet yang disediakan oleh pihak Bank Kalteng untuk instansi baik pemerintah serta pihak swasta untuk membantu dalam hal pengelolaan keuangan secara mandiri tanpa harus antre di Bank Kalteng.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

“Atas nama pemerintah daerah, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini yang dilaksanakan oleh pihak Bank Kalteng Cabang Buntok karena dengan adanya system ini diharapkan pengelolaan keuangan daerah akan semakin maksimal dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” katanya.

Menurut Lisda, dengan mengikuti kegiatan ini diinginkan masing-masing OPD untuk segera mengisi form pembukuan layanan CSM Corporate serta menggunakan layanan ini dengan baik.

“Bahkan kalau perlu, akan dikeluarkan intruksi Bupati agar seluruh OPD an Satuan Kerja yang ada di daerah ini untuk secepatnya menggunakan CSM Corporate dari Bank Kalteng sehingga akan mempermudah lagi pengelolaan keuangan daerah dengan baik pula,” jelas Lisda Arriyana.

Sementara itu, Pimpinan Bank Kalteng Cabang Buntok Bambang Purwadi kepada awak media usai kegiatan tersebut mengatakan, CMS Corporate ini merupakan wujud Bank Kalteng dalam mendukung administrasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel. Komitmennya, untuk mempermudah yang sesuai dengan kebijiakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) bahwa pembukuan dilaksanakan non tunai.

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

Sehingga akan lebih mempermudah, dimanapun dan kapanpun bisa dilaksanakan administrasi pembukuan secara online yang tahun sebelumnya masih bekerjasama dengan Bank DKI yang sekarang ini CMS Corporate sudah sepenuhnya milik Bank Kalteng sendiri sehingga lebih mudah dan lancar.

Sasaran dalam CSM Corporate ini adalah untuk OPD bahkan pihak swasta juga bisa memanfaatkan CSM Corporate ini dengan harapan masyarakat bisa lebih memanfaatkan produk-produk Bank Kalteng.

“Sehingga Bank kalteng akan lebih maju, maju bersama dan memajukan daerah dimana Bank Kalteng berada,” pungkas Bambang Purwadi. (Ded/beritasampit.co.id).