BPS Sebut Pojok Statistik Berikan Data Secara Gratis

Hardi/Berita sampit - Foto bersama saat selesai launching Pojok Statistik Universitas Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Deputi Bidang Statistik Produksi Badan Pusat Statistik (BPS) RI M. Habibullah menyampaikan, Pojok Statistik mempunyai manfaat untuk memberikan data kepada stakeholders secara gratis dan memberikan edukasi kepada mahasiswa, terkait data yang dihasilkan oleh BPS serta digunakan untuk apa data tersebut.

“Manfaat lainnya Pojok Statistik itu sendiri agar para mahasiswa tidak perlu lagi mencari data, karena data tersebut sudah ada di BPS dan ini gratis tidak dipungut biaya,” ucapnya saat diwawancara di Gedung PPIIG Universitas Palangka Raya, dalam rangka Kuliah Umum dan launching Pojok Statistik Universitas Palangka Raya, Rabu 27 Juli 2022.

Sementara itu, Kepala BPS Kalteng Eko Marsoro menyampaikan, Pojok Statistik di Universitas Palangka Raya ini, diharapkan akan menjadi salah satu sarana peningkatan pelayanan publik yang akan bermanfaat bagi para dosen/mahasiswa untuk mengakses data dan informasi statistik secara lebih mudah, murah dan cepat, baik data tercetak maupun data digital, sekaligus membangun literasi statistik dalam rangka ikut mencerdaskan bangsa.

BACA JUGA:   Nuryakin Berharap Pasar Murah akan Meningkatkan Daya Beli Masyarakat

Pojok Statistik, juga akan dapat dimanfaatkan untuk layanan konsultasi statistik dan media untuk sosialisasi statistik. Semoga, ke depan fasilitas, sarana dan prasarana, serta fungsi Pojok Statistik akan terus ditingkatkan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengunjung atau pengguna data.

Ia menambahkan, selain launching Pojok Statistik, pada kesempatan ini juga akan dilakukan pengukuhan agen statistik. Agen statistik diharapkan bisa menjadi motor penggerak diseminasi data statistik di UPR khususnya serta masyarakat Palangka Raya dan pengunjung Pojok Statistik UPR pada umumnya. Harapannya, masyarakat semakin melek akan data dan juga akan dilakukan peresmian Gedung BPS Kabupaten Gunung Mas dan Murung Raya.

BACA JUGA:   Nuryakin Berharap Kedepannya PMI Semakin Baik dan Berkontribusi Pada Program Kemanusiaan

“Pada kesempatan ini, secara khusus kami jajaran BPS Provinsi Kalimantan Tengah menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Rektor Universitas Palangka Raya beserta jajaran yang telah mendukung terlaksananya acara Kuliah Umum dan Launching Pojok Statistik pada hari ini,” tandasnya.

(hardi)