Sakariyas Ajak Semua Pihak Komitmen Tekan Angka Stunting di Katingan

KAWIT/BERITA SAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas berkomitmen menurunkan angka stunting di Kabupaten yang berjuluk Penyang Hinjei Simpei itu.

Menurut Sakariyas dirinya telah menandatangani pernyataan komitmen pelaksanaan percepatan penurunan anak kerdil (stunting) dengan Kementerian Sekretariat Negara RI Sekretariat Wakil Presiden.

“Saya sangat berharap komitmen kita semua, agar hasil dari rembuk stunting dapat di susun rencana intervensi gizi terintegrasi penurunan stunting, yang nantinya dimuat di dalam RKPD atau RENJA SKPD Tahun berikutnya,” ungkap Bupati saat memperingati hari Keluarga Nasional, belum lama ini.

BACA JUGA:   Seorang Pengendara Motor di Katingan Diduga Jadi Korban Tabrak Lari Truk Bermuatan

Bupati juga menjelaskan hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekaligus untuk mempunyai generasi penerus yang memiliki kemampuan emosional, sosial dan fisik yang siap untuk belajar dan berkompetensi, sebagai modal dasar pembangunan.

“Keluarga merupakan komponen utama yang sangat berperan dalam pencegahan maupun penanggulangannya,” tuturnya.

Mantan Kepala Bank Kalteng Cabang Kasongan tersebut menuturkan penyebab stunting biasanya dikarenakan praktek pengasuhan yang kurang baik. Termasuk kurangnya pengetahuan ibu mengenai kesehatan dan gizi sebelum dan pada masa kehamilan, serta setelah ibu melahirkan dan masih kurangnya untuk mengkonsumsi makanan bergizi.
(kawit)

BACA JUGA:   Dandim Sampaikan Ucapan Terima Kasih Atas Dukungan Masyarakat dalam Kegiatan TMMD