Partai Demokrat Targetkan 14-15 Persen Kursi Parlemen pada Pemilu 2024

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari (kanan) menerima berkas pendaftaran dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) saat pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (5-8-2022). Pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 dibuka selama 2 pekan mulai 1 hingga 14 Agustus 2022. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A./wsj.

JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menargetkan 14 hingga 15 persen keterwakilan parlemen untuk DPR RI pada kontestasi Pemilu 2024.

“Mudah-mudahan tercapai persentase 14 hingga 15 persen,” kata AHY di depan Gedung KPU RI, Jakarta, Jumat 5 Agustus 2022.

AHY menyebut target Partai Demokrat pada Pemilu 2024 naik dari jumlah keterwakilan Partai Demokrat di DPR hasil Pemilu 2019.

“Kami berusaha mengisi semua dapil DPR RI. Hari ini kami punya 54 anggota DPR RI sebanyak 9,3 persen di Senayan, dan tentunya jika bisa memenuhi semua dapil, 80 dapil, atau lebih jika sudah resmi pemekaran Papua,” ujarnya.

BACA JUGA:   Jadi Penantang Petahana, Rudini Darwan Ali akan Maju Tanpa Beban di Pilkada Kotim

Dengan demikian, kata AHY, peran Partai Demokrat di parlemen juga lebih kuat dan terasa dengan bisa mengisi keseluruhan dapil tersebut.

AHY juga optimistis untuk kembali membuat Partai Demokrat bangkit menjadi partai yang berada di papan urutan tiga besar dengan menyiapkan kader-kader terbaiknya.

“Kami berniat dan tentunya berikhtiar sambil terus berdoa semoga Demokrat pada tahun 2024 bisa bangkit,” ujar AHY.

BACA JUGA:   Partai Nasdem Pertahankan Lima Kursi DPRD Kalteng

Pasalnya, kata AHY, Partai Demokrat pernah berjaya dengan meraih lebih dari 20 persen suara pada Pemilu 2009.

“Pernah memenangi pemilu dengan suara terbanyak lebih dari 21 persen dan kembali mengusung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai pemimpin negeri untuk periode kedua,” katanya.

Partai Demokrat menjadi partai politik satu-satunya yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 pada hari kelima ke KPU RI, Jakarta, Jumat 5 Agustus 2022.

(ANTARA)