Bupati: 90 Persen Penduduk Seruyan Sudah Jadi Peserta BPJS Kesehatan

KUALA PEMBUANG – Kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Kabupaten Seruyan saat ini sudah mencapai 90 persen. Ini merupakan hasil upaya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan mendorong kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) oleh BPJS Kesehatan.

Bupati Seruyan Yulhaidir mengatakan, pada tahun 2022 ini kepesertaan BPJS di Kabupaten Seruyan sudah mencapai 90 persen.

BACA JUGA:   Pemkab Seruyan Gelar Buka Puasa Bersama Unsur Forkopimda, Toga dan Tomas

Bahkan, angka tersebut sudah mencapai target jika merujuk Universal Health Coverage (UHC).

“Dibidang kesehatan Kabupaten Seruyan sudah UHC, artinya 90 persen masyarakatnya sudah masuk dalam keanggotaan BPJS Kesehatan,” kata Yulhaidir.

Dia menjelaskan, sebagian besar masyarakat kepesertaan BPJS Kesehatan dibiayai oleh pemerintah daerah untuk JKN-KIS kelas 3.

Lebih lanjut, dia menyebut khusus warga kurang mampu pemerintah daerah sudah mengalokasikan anggaran agar tercover jaminan kesehatan.

BACA JUGA:   Pemkab Seruyan Gelar Safari Ramadan di Kecamatan Danau Sembuluh

“Pada tahun 2019 itu Rp 8 Milyar lebih, tahun 2020 itu Rp 16 Milyar lebih, 2021 18 Milyar, sedangkan 2022 ini kurang lebih Rp 20 Milyar, Alhamdulillah kita dibantu dari dana pusat,” pungkas Yulhaidir.