Dewan Berharap Pemda Selalu Siap Menghadapi Potensi Bencana Alam

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Komisi II DPRD Kalteng, Sengkon

PALANGKA RAYA – Sekretaris Komisi II DPRD Kalteng, Sengkon berharap Pemerintah daerah (pemda) baik provinsi, kabupaten, dan kota dapat selalu siap serta siaga dalam menghadapi potensi bencana alam di Kalteng salah satunya seperti banjir.

Menurutnya, pemda melalui kelembagaan disetiap daerah harus senantiasa mempersiapkan diri dalam menghadapi situasi apapun termasuk banjir, baik dari segi anggaran maupun tenaga. Mengingat, bencana alam ini menyangkut keselamatan masyarakat.

“Saat ini kan terjadi banjir khususnya di wilayah Kabupaten Katingan, meski tidak separah banjir sebelumnya tapi ini harus ditanggapi dengan serius oleh pemda, apalagi kabarnya ada menelan korban jiwa tentu hal tersebut sangat disayangkan,” ucapnya melalui rilis yang diterima pada Jumat 12 Agustus 2022.

BACA JUGA:   Saling Menghormati dan Tetap Menjaga Toleransi di Bulan Ramadan

Selain itu, ia menambahkan ada beberapa hal yang kerap menyebabkan banjir di Kalteng, yakni diantaranya seperti terjadinya pendangkalan sungai hingga berkurangnya kawasan hutan yang selama ini menjadi daerah resapan air.

Oleh karena itu, sudah menjadi tanggung jawab bersama, untuk memperhatikannya. Seluruh daerah harus saling bersinergi dalam rangka mengatasi terjadinya banjir kedepan, seperti menggencarkan program rehabilitasi hutan atau reboisasi guna menambah daerah resapan air.

BACA JUGA:   Pembangunan Dari Pemerintah Harus Bisa Lebih Menyentuh Wilayah Pelosok

Bencana banjir di Kalteng ini memang sudah kerap terjadi, faktor-faktor penyebabnya harus bisa diatasi, selain intensitas hujan tinggi ada beberapa yang menyebabkan banjir bisa terjadi salah satunya kurangnya daerah resapan air.

“Jadi itu perlu ditangani, kami di DPRD akan dengan senang hati membantu baik dari segi pembahasan anggaran, sehingga kedepan banjir yang sering terjadi di Kalteng ini bisa diminimalisasi, untuk kebaikan bersama juga,” pungkasnya. (hardi)