Kotim Tetapkan Status Siaga Karhutla

NARDI/ BERITA SAMPIT - Suasana acara rapat penetapan status siaga karhutla di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, Kamis 18 Agustus 2022.

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur melalui Asisten I Sekretaris Daerah Diana Setiawan menetapkan status siaga karhutla (kebakaran hutan dan lahan) selama 60 hari kedepan di daerah ini, Kamis 18 Agustus 2022.

“Dimulai tanggal 19 Agustus 2022 sampai 18 Oktober 2022 status Siaga Karhutla di Kotim,” Kata Setiawan saat rapat penetapan status siaga karhutla di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim.

Dijelaskan, keputusan tersebut berdasarkan dari keterangan BMKG bahwa puncak kemarau terjadi pada bulan Agustus 2022, namun tetap disertai hujan ringan hingga Oktober.

BACA JUGA:   Masyarakat Jual Perhiasan Emas Diprediksi Meningkat Dampak Kenaikan BBM

Ia melanjutkan, untuk ketetapan siaga karhutla sifatnya flesibel dan dinamis mengikuti situasi kedepannya, karena mengikuti prediksi BMKG yang mengatakan bahwa saat ini puncak kemarau dan masih disertai hujan ringan.

Jika di tengah 60 hari tersebut terjadi hujan dan titik api menurun maka akan diubah status siaga karhutla dan BPBD Kotim akan melakukan rapat kembali membahas persiapan siaga banjir.

BACA JUGA:   Resmi Ditutup, Perputaran Uang di Pekan Raya Sampit Capai Rp15 Miliar

“Karena memang segala kejadian kedepan hanya bisa diprediksi dan tidak mutlak maka kita lebih baik melakukan persiapan pencegahan dan sosialisasi pada masyarakat,” pungkasnya.

Rapat tersebut juga dihadiri perwakilan BMKG, Damkar, Polres Kotim, TNI dan instansi terkait. (nardi)

(Visited 26 times, 1 visits today)