187 Peserta Didik PKBM Harati Sampit Lulus 

IBRAHIM JM : BERITA SAMPIT - Foto bersama lulusan PKBM Harati Sampit dengan para Guru dan Mentor, Minggu 28 Agustus 2022.

SAMPIT – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Harati Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalimantan Tengah melepas187 peserta didik dari paket A setara SD, paket B setara SMP dan Paket C ilmu pengetahuan sosial setara SMA/MA/SMK.

Meski diikuti 68 lulusan, karena sebagian warga belajar disibukkan oleh aktivitas dan hal lainnya, kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Sampit ini berlangsung meriah, dirangkaikan dengan tarian-tarian, pemasangan medali lulusan dan penyerahan piagam dari warga belajar PKBM yang berprestasi, inspiratif dan motivatif.

Ketua PKBM Harati Sampit, Deny Hidayat, merasa gembira dengan bisa kembali dilaksanakan acara kelulusan, pasalnya dua tahun sebelumnya tidak bisa dilaksankan terkendala covid-19.

BACA JUGA:   357 Siswa MAN Kotim Plus Keterampilan Ikuti Assesmen PTS 2024

“Kita ingin menunjukan kemasyarakat bahwa pendidikan di PKBM sama dengan pendidikan formal pada umumnya yang bisa bersaing dan mencetak lulusan yang kompoten yang bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi,” ujar Deny saat memberikan sambutanya, Minggu 28 Agustus 2022.

Lanjutnya, bahkan saat ini PKBM Harati sudah mencetak lulusan-lulusan paket C yang sudah melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi baik yang nasional maupun yang internasional.

“Tahun sebelumnya lulusan PKBM Harati mencetak lulusan yang kuliah di Jerman dan kita harapkan banyak lagi yang terdaftar di kampus lokal atau pulau Jawa,” lanjut Pak Den sapaan akrabnya.

PKBM Harati yang terakreditasi B ini setiap tahun dipercaya oleh Kemendikbudristek untuk melakukan pelatihan dan pembinaan untuk masyarakat.

BACA JUGA:   Disdik Kotim Terima Penghargaan dari Balai Bahasa Kalteng Dalam Revitalisasi Bahasa Daerah

Itu menunjukan bahwa eksistensi dan peran PKBM sebagai pendidikan alternatif di tengah masyarakat sangat dibutuhkan apalagi membeeikan kesempatan bagi siapapun, kapanpun dan dimanpun untuk belajar.

Turut hadir juga Kepala Dinas Pendidikan Kotim yang diwakilkan kepada Kepala Bidang PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kotim, Arief, Ketua KPU Kotim, Siti Fathina dan organisasi lainya.

“Selamat kepada lulusan PKBM Harati, Saya harapkan tetap melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya, banyak pegawai kontrak bahkan salah satu Bupati di Kalteng itu lulusan paket C,” jelas Arief usai acara lulusan tersebut.

(ibra)