Masyarakat Diminta Manfaatkan Jasa Kutip Sampah

ENN/BERITA SAMPIT - Kepala DLH Sukamara, Fakhmy Rizal 

SUKAMARA – Permasalahan sampah di Kabupaten Sukamara terus menjadi perhatian serius dari pemkab setempat terutama Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Untuk memaksimalkan pelayanan angkut sampah, pihak DLH mengajak dan mendorong masyarakat untuk memanfaatkan dan juga mau menjadi petugas kutip sampah.

“Masyarakat bisa dengan swadaya untuk membuka jasa kutip sampah, karena memang akan sangat membantu sekali,” kata Kepala DLH Sukamara, Fakhmy Rizal, Jumat 9 September 2022.

BACA JUGA:   PDAM Tirta Sukma Gratiskan Tagihan Pelanggan Terdampak Banjir

Fakhmy menjelaskan bahwa petugas jasa kutip sampah merupakan kelompok swadaya masyarakat yang sudah difasilitasi oleh DLH Sukamara.

“Jadi jasa kutip sampah ini mengambil sampah dari rumah ke rumah lalu dikumpulkan di TPS Kawasan, selanjutnya truk sampah yang akan mengangkut ke TPA,” jelasnya.

Selain itu, petugas jasa kutip tersebut bukan berasal dari pramusaji kebersihan, namun kelompok swadaya masyarakat yang dibentuk di setiap RT, desa, dan kelurahan.

BACA JUGA:   Plt Sekretaris KPU Sukamara Periode 2007-2010 Masuk DPO Kejaksaan Negeri

“Contohnya seperti di Desa Natai Sedawak, jasa kutipnya sudah sejak tahun lalu. Jadi sampah-sampah rumah tangga diambil di masing-masing rumah,” tukasnya. (enn)

(Visited 36 times, 1 visits today)