Ini Alasan BPBD Seruyan Belum Menetapkan Status Siaga Darurat Bencana Banjir

IST/BERITA SAMPIT - Kondisi banjir yang terjadi di wilayah hulu Kabupaten Seruyan.

KUALA PEMBUANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seruyan belum menetapkan status siaga darurat bencana banjir. Padahal, sebagian besar wilayah Kabupaten Seruyan telah memasuki musim hujan dan beberapa kecamatan telah mengalami banjir.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seruyan Arvian Yuli Artha mengatakan, sejak beberapa hari terakhir terjadi beberapa kali banjir di sejumlah kecamatan di wilayah hulu, dan terakhir di Kecamatan Seruyan Tengah yang mengakibatkan putusnya jembatan penghubung desa.

BACA JUGA:   Hadiri Peringatan HKN ke-58, Bupati Seruyan Sampaikan Pesan Ini

Kendati demikian, BPBD belum menetapkan status siaga darurat bencana banjir skala kabupaten.

“Sementara untuk bantuan itu kita punya SOP, karena kita melihatnya itu aktivitas masyarakat waktu air menggenang masih bisa bekerja, kami belum menetapkan status tanggap darurat karena bantuan itu kami sampaikan ketika ada status tanggap darurat,” katanya, Selasa, 13 September 2022.

BACA JUGA:   BPBD Seruyan Catat Sembilan Kecamatan Banjir, Ketinggian Capai 60 Cm

Selain itu menurutnya, jika sudah menetapkan status siaga darurat bencana banjir skala kabupaten secara otomatis bisa menggunakan dana Biaya Tak Terduga (BTT).

“Untuk itu BPBD Seruyan belum bisa menaikan status, karena dananya BTT, persyaratannya harus tanggap darurat,” pungkasnya.

(Visited 35 times, 1 visits today)