Kawasan Mendawai Palangka Raya Dikepung Banjir, Ketinggian Air Capai 40 Cm

IST/BERITA SAMPIT - Kondisi banjir terkini di kawasan Mendawai Kota Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Kawasan Mendawai Kota Palangka Raya dikepung banjir ketinggian air capai 40 Cm, ini diduga akibat hujan deras yang mengguyur Kota Cantik pada Selasa 13 September 2022.

Hampir di semua kawasan jalan Mendawai dan sekitarnya yang terletak di Kelurahan Palangka Kecamatan Jekan Raya digenangi air.

Dari pantauan Berita Sampit pada Rabu 14 September 2022 jalan Mendawai 1, Komplek Sosial dan jalan Anoi ketinggian rata-rata 20 Cm hingga 40 Cm atau setinggi betis orang dewasa.

BACA JUGA:   Kurang dari Sepekan, Peristiwa Pencurian Helm Terekam Kamera CCTV 

Bahkan di jalan Anoi tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, karena tingginya debit air, yang juga diakibatkan luapan anak sungai Kahayan.

Tampak di kawasan yang merupakan daerah langganan banjir ini, air sudah memasuki rumah-rumah warga yang sebagian besar lebih rendah dari jalan.

Sugian salah seorang warga Jalan Mendawai 1 menuturkan, tampaknya air mulai naik dari ketinggian sebelumnya. “Siap-siap mengungsi kalau debit air mulai naik, karena akses menuju jalan utama pasti akan susah untuk dilalui,” kata Sugian, Rabu 14 September 2022.

BACA JUGA:   Polda Kalteng Diminta Bersikap Hingga Desak Pihak yang Duduki Lahan Sengketa di Desa Pelantaran untuk Tinggalkan Lokasi

Ia juga berharap pemerintah cepat bergerak membantu warga, terutama anak-anak, orang tua yang sangat rentan bila banjir terjadi.

“Kalau bisa segera sediakan perahu karet, tim medis, para relawan yang sangat kami butuhkan juga secepatnya menyediakan dapur umum karena tampaknya banjir kiriman akan membuat ketinggian air semakin bertambah,” pungkasnya. (AULIA).