Pemkot Palangka Raya Tekan Inflasi dengan Operasi Pasar

Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Fairid Naparin (kanan) menyerahkan secara simbolis paket bahan pangan kepada warga saat operasi pasar di Pasar Kahayan, Palangka Raya, Kamis (15/9/2022) (ANTARA/HO-Prokom Palangka Raya)

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DPKUKMP) menggelar operasi pasar dengan menyediakan paket sembako dan gas elpiji.

“Saya berharap operasi pasar ini benar-benar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Kegiatan hari ini juga dalam upaya menekan inflasi akibat kenaikan harga bahan pangan,” kata Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin di lokasi operasi pasar di kawasan Pasar Kahayan Palangka Raya, Kamis 15 September 2022.

Dia menambahkan, dilaksanakannya operasi pasar itu juga dalam rangka membantu warga jalan Mendawai di kawasan Pasar Kahayan yang mulai terdampak banjir.

BACA JUGA:   Diskominfosantik Kalteng Gelar Media Gathering-Buka Puasa Bersama Insan Pers 

Kepala Bidang Perdagangan, DPKUKMP “Kota Cantik” Hadriansyah menerangkan, pada operasi pasar yang digelar Kamis siang itu, pihaknya menyiapkan 600 paket bahan pangan.

Setiap paket sembako berisi lima kilogram beras, dua kilogram gula pasir, dua liter minyak goreng dan empat bungkus mie instan. Setiap paket seharga Rp140.200 dibeli masyarakat senilai Rp100.000. Artinya pemerintah memberikan subsidi senilai Rp40.200 per paket.

Selain paket sembako, juga ada 560 tabung gas elpiji 3 kilogram, 18 tabung gas elpiji 5,5 kilogram dan lima tabung gas elpiji 112 kilogram.

“Untuk setiap tabung gas tiga kilogram dijual Rp22.000, setiap tabung gas 5,5 kilogram dijual Rp107.000 dan untuk setiap tabung gas ukuran 12 kilogram dijual Rp228.000,” kata pria yang akrab disapa Ado itu.

BACA JUGA:   Nuryakin Berharap Kedepannya PMI Semakin Baik dan Berkontribusi Pada Program Kemanusiaan

Sementara itu, Badan Pusat Statistik atau BPS Provinsi Kalimantan Tengah merilis perkembangan Indeks konsumen pada Agustus 2022 yang menunjukkan harga berbagai komoditas secara umum di Kota Palangka Raya menunjukkan peningkatan.

Berdasarkan hasil pemantauan BPS, pada Agustus 2022 di Kota Palangka Raya terjadi inflasi sebesar 0,28 persen atau terjadi peningkatan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 112,94 pada Juli 2022 menjadi 113,26 pada Agustus 2022.

(ANTARA)