Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Harus Diwujudkan Dalam Setiap Sendi Kehidupan

HARDI/BERITA SAMPIT - Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siti Nafsiah.

PALANGKA RAYA – Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siti Nafsiah mendorong agar nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan harus senantiasa diwujudkan dalam setiap sendi kehidupan seluruh elemen masyarkat di daerah Kalimantan Tengah.

Ia menjelaskan, upaya penyelenggaraan wawasan kebangsaan memiliki arti penting di daerah, khususnya juga di Kalimantan Tengah.

Pembinaan, pendidikan, pelatihan, sosialisasi Pancasila dan wawasan kebangsaan akan berpengaruh positif pada upaya untuk memperkuat pemahaman dan pengamalan terhadap Pancasila, toleransi, serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Peraturan Daerah (Perda) Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan juga nantinya akan menjadi pedoman bagi Pemerintah Daerah berikut perangkat daerah terkait,” katanya melalui rilis yang diterima pada Sabtu 17 September 2022.

BACA JUGA:   Legislator Kalteng Dorong Perda Diimplementasikan Dengan Baik

Pedoman ini diharapkan mampu merangkum ide, pikiran dan suasana hati dari masyarakat hingga pemerintahan daerah, dengan penekanan pada mekanisme penyelenggaraan pembinaan, pendidikan, pelatihan, sosialisasi Pancasila, dan wawasan kebangsaan, serta dukungan dalam tindakan penegakan hukum yang berkeadilan atau tidak diskriminatif di Provinsi Kalimantan Tengah.

Siti Nafsiah juga mengharapkan, agar Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga secara aktif menyosialisasikan Perda Pancasila dan wawasan kebangsaan kepada segenap elemen masyarakat melalui dinas ataupun instansi terkait di seluruh daerah kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Apresiasi Penanganan Infrastruktur Jalan di Kalteng, Dewan Ingatkan Pemprov Titik Jalan Lainnya Juga Diperhatikan

“Rasa cinta kepada Bangsa dan Negara serta Ideologi Pancasila harus terus ditanamkan kepada semua elemen masyarakat. Salah satunya juga melalui lembaga pendidikan, baik di kampus dan sekolah-sekolah,” lugasnya.

Dengan cara-cara demikian diyakininya akan mampu memperkuat pemahaman dan pengamalan terhadap Pancasila, toleransi kepada sesama serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa ke depan.

“Kalau perlu sejak di pendidikan dasar Pancasila dan wawasan kebangsaan harus di gencarkan kepada anak-anak kita. Agar masuk dan kokoh dalam sanubari mereka,” tandasnya. (Hardi).