Operasi Bibir Sumbing Sangat Membantu Masyarakat Memiliki Kelainan Bawaan

DEDDY/BERITA SAMPIT - Direktur RSUD Jaraga Sasameh Buntok dr. H. Norman Wahyu.

BUNTOK – Smile Train Indonesia, PW IWO Kalteng, Ciliandry Anky Abady (CAA) Grup, Yayasan Anugerah Sentosa Surabaya, HIPMI Kalteng dan Bank Kalteng cabang Buntok, melaksanakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) operasi bibir sumbing gratis di Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Kegiatan operasi bibir sumbing gratis tersebut dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jaraga Sasameh Buntok, Jumat 23 September 2022 juga dihadiri oleh Penjabat Bupati (Pj) Barsel Lisda Arriyana.

Direktur RSUD Jaraga Sasameh Buntok dr.H. Norman Wahyu kepada awak media usai kegiatan tersebut mengatakan, operasi bibir sumbing ini tentunya sangat membantu bagi pasien-pasien yang memang memiliki kelainan bawaan, yang dimana, terjadi bibir sumbing maupun platum atau langit-langitnya yang perlu di operasi.

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

“Kegiatan ini tentunya sangat membantu bagi masyarakat di Kabupaten Barsel pada khususnya. Sebab, operasi bibir sumbing ini membutuhkan waktu kemudian ada pertimbangan serta syarat-syarat tertentu,” katanya.

Adapun sasaran bagi peserta operasi bibir sumbing pihaknya menargetkan sebanyak 20 orang untuk dua hari akan tetapi ada tahapan seleksi, pemeriksaan maupun yang lainnya apakah memang layak untuk di operasi pada beberapa hari ini atau tidak.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

“Sedangkan yang layak untuk di operasi ada sekitar 12 orang kemudian 8 orang yang lainnya dari Kabupaten Barsel sendiri yang lainnya ada juga yang dari luar yakni dari Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel),” jelas Norman Wahyu.

Adanya operasi bibir sumbing gratis ini, lanjutnya, tentu sangat membantu bagi peningkatan layanan kesehatan masyarakat yang memang membutuhkan untuk operasi bibir sumbing dan seandainya terkait dengan pembiayaan tentu sangat besar pengeluarannya bagi pasien tersebut. (Ded).