Pemkab Sukamara Gelar Rakordal Triwulan III, Ini Tujuannya

ENN/BERITA SAMPIT - Bupati Sukamara Windu Subagio saat memimpin rakordal di Aula Kantor Bappeda Sukamara.

SUKAMARA – Bupati Sukamara Windu membuka secara langsung Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Program Pembangunan Triwulan III yang digelar di Aula Kantor Bappeda Sukamara, Selasa 11 Oktober 2022.

Windu Subagio menjelaskan jika Rakordal merupakan sarana koordinasi untuk mengetahui progres pelaksanaan kegiatan pembangunan dari setiap perangkat daerah dan sebagai bahan evaluasi untuk umpan balik (feed back) perencanaan pembangunan selanjutnya.

“Karena itu pengendalian merupakan pengumpulan data dan analisis informasi berdasarkan indikator yang telah ditetapkan secara sistematis dan berkelanjutan, untuk kepentingan program pembangunan,” kata Windu Subagio.

BACA JUGA:   Petani di Pesisir Sukamara Mulai Panen Padi

Menurut Windu Subagio, dalam proses pelaksanaan kegiatan pengendalian program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan akan diperoleh data dan informasi mengenai masalah-masalah apa yang terjadi di lapangan, selain itu masalah apakah pelaksanaan kegiatan sesuai jadwal.

“Bukan hanya itu melalui Rakordal ini kita juga akan mengetahui apakah program kegiatan menghasilkan output yang direncanakan, apakah penggunaan anggaran sesuai rencana,” jelasnya.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Sukamara Buka Musrenbang RKPD

Selain itu, solusi dan upaya yang telah ditentukan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang sudah atau akan terjadi juga ikut dibahas dalam kegiatan Rakordal tersebut.

“Karena itu kegiatan pengendalian terhadap pelaksanaan dokumen perencanaan pembangunan tahunan Kabupaten Sukamara tahun 2022 merupakan salah satu wujud akuntabilitas pemerintah untuk mendukung program pembangunan jangka menengah (RPJMD) 2018-2023,” tukas Windu Subagio. (enn).