Ancaman Terorisme Sangat Penting Diwaspadai

IST/BERITA SAMPIT - Pgs. Perwira Seksi Intelijen (Pasi Intel) Kodim 1016 Palangka Raya Kapten Inf Hari Utomo saat menghadiri koordinasi (Rakor) Rencana Aksi Daerah (RAD) tahun 2022.

PALANGKA RAYA – Pgs. Perwira Seksi Intelijen (Pasi Intel) Kodim 1016 Palangka Raya Kapten Inf Hari Utomo menjelaskan, bahwa kewaspadaan dari ancaman terorisme sangat penting dilakukan karena efek kerusakan yang ditimbulkannya membawa dampak jangka panjang.

Melalui sosialisasi-sosialisasi dan komunikasi sosial yang diadakan oleh para Babinsa di lapangan diharapkan bisa memberikan pencerahan tentang upaya pencegahan.

Hal ini ia sampaikan saat hadiri rapat koordinasi (rakor) Rencana Aksi Daerah (RAD) Tahun 2022 dengan tema Aktifitas Kewaspadaan Dini terhadap Ancaman, Paham Radikalisme, Aliran Kepercayaan, Konflik Sosial terhadap Ketertiban, Keamanan Masyarakat Kota Palangkaraya, di Ruang Rapat Peteng Karuhei II Kantor Walikota Palangka Raya, Rabu 12 Oktober 2022 kemaren.

BACA JUGA:   Begini Tanggapan Gubernur Kalteng Atas Penghargaan Adipura Palangka Raya

Kata Hari Utomo, pengaruh paham radikalisme dan terorisme yang saat ini menjadi suatu ancaman serius bagi bangsa dan negara. Sehingga perlu adanya pemahaman dan menumbuhkan kesadaran dari seluruh komponen bangsa Indonesia akan bahaya tersebut.

“Kita sebagai aparat kewilayahan terutama Babinsa yang selalu melekat pada masyarakat mempunyai tugas untuk selalu mengingatkan kepada warga binaannya, bahwa bahaya laten komunis itu selalu ada, walaupun secara resminya sudah di bubarkan,” ucapnya.

BACA JUGA:   Bendie Siap Bertarung Pada Pemilihan Wali Kota Palangka Raya

Upaya pro aktif dari Apkowil dan unsur intelijen sangat diperlukan dalam membantu pengawasan dan upaya pencegahan sebagai langkah antisipasi agar paham atau ajaran komunis dan radikal tidak berkembang dan membahayakan kedaulatan negara. (Hardi).