SMPN 11 Sampit Raih Juara II Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah

IST/BERITA SAMPIT- Siswa SMP Negeri 11 Sampit saat menerima piala serta hadiah dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Timur.

SAMPIT – Siswa SMP Negeri 11 Sampit membuat kerajinan meja dan kursi dari ban bekas. Mereka berhasil meraih Juara II Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

“Kami sangat bangga dengan siswa yang berhasil meraih Juara II berkat kerja keras dan kreatifitas siswa,” kata Kepala SMP Negeri 11 Sampit Nelli Suriani Purba, Senin 24 Oktober 2022.

Nelli menyampaikan bahwa dalam kegiatan lomba tersebut siswa harus membuat dari awal prakarya mereka, setelah lolos ke babak final harus mempresentasikan ke depan juri dan diberikan pertanyaan dari juri. Akhirnya SMPN 11 Sampit yang beralamat di Jalan Wengga Metropolitan ini berhasil meraih juara II dan mendapat hadiah, serta uang pembinaan.

BACA JUGA:   Istri Bos Dibawa Kabur Karyawan, Terakhir Terlacak di Nur Mentaya

Dirinya berharap dengan kegiatan lomba tersebut agar siswa mampu berfikir kreatif, membuat kerajinan dengan memanfaatkan barang bekas agar menjadi bernilai ekonomis, sehingga tidak terbuang percuma barang sampah yang sebenarnya masih bisa dimanfaatkan.

“Kedepannya semoga bisa membuka minat siswa untuk berwirausaha memanfaatkan barang bekas, dengan terus mengasah kreatifitas siswa disekolah juga ada mata pelajaran prakarya,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Narapidana Bergama Hindu Dapat Remisi  Hari Raya Nyepi

Ia juga menuturkan kegiatan di sekolah untuk mengurangi sampah plastik adalah dengan mengajak siswa menggunakan tumbler serta wadah makanan dari rumah. Sekolah melarang kantin untuk menyediakan makanan dan minuman plastik, tusuk lidi dan lainnya demi kesehatan siswa dan lingkungan sekitar.

“Karena kesehatan siswa sangat penting terlebih covid 19 belum berakhir sepenuhnya siswa hendaknya terus menjaga kesehatan, tanpa kesehatan kita tak bisa belajar maupun beraktifitas secara maksimal,” pungkasnya. (Nardi).