Wabup Sukamara Saksikan Pelantikan Panwascam

ENN/BERITA SAMPIT - Pelantikan Panwascam se-Kabupaten Sukamara di Aula SMPN 1 Sukamara.

SUKAMARA – Sebanyak 15 orang dilantik sebagai Anggota Panitia Pengawas Kecamatan atau Panwascam se-Kabupaten Sukamara di Aula SMPN 1 Sukamara pada Kamis 27 Oktober 2022.

Wakil Bupati Sukamara Ahmadi menyaksikan secara langsung pelantikan Anggota Panwascam untuk pemilihan umum serentak tahun 2024.

Usai menyaksikan pelantikan Ahmadi menerangkan jika pemilihan umum serentak 2024 semestinya dikelola dengan manajemen yang baik untuk menjamin pelaksanaan pemilu langsung, umum, bebas rahasia, jujur dan adil serta melahirkan pemimpin yang bersih dan memiliki integritas, kredibilitas dan mumpuni.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Salurkan Bansos untuk Warga di Kecamatan Jelai

“Jadi Panwaslu Kecamatan berkewajiban bersikap adil ( Tidak Diskriminatif ) dalam menjalankan tugas dan wewenangnya serta melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas panitia pengawas di lapangan,” terang Ahmadi.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kabupaten Sukamara Irwansyah, mengharapkan anggota Panwascam yang baru dilantik untuk bisa mengawal pemilu serentak 2024, agar pemilu tersebut berjalan secara demokratis, aman dan lancar.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Gelar Musrenbang RPJMD Tahun 2025-2045

Dia menjelaskan bahwa Bawaslu saat ini lebih mengutamakan pencegahan pelanggaran, sehingga pihaknya selalu mengupayakan pencegahan dulu.

“Kalau tidak bisa dicegah untuk pelanggaran, Bawaslu juga sebagai mediator, misal ada sengketa antar peserta, disinilah Bawaslu hadir sampai dengan Panswaslu kecamatan untuk memusyawarahkan permasalahan yang terjadi antar peserta,” tandasnya. (enn).