Bupati dan Wabup Meriahkan Fashion Show Benang Bintik di Festival Tuah Mahasur 2022

M.SLH/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong saat ikut tampil Fashion Show pada festival Tuah Mahasur bersama sang istri.

KUALA KURUN – Guna memperkenalkan batik khas daerah, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekrasnada) Kabupaten Gunung Mas menyelenggarakan Fashion Show Benang Bintik pada acara Festival Tuah Mahasur yang diselenggarakan di Taman Kota Kuala Kurun, Jumat 28 Oktober 2022 malam.

Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong bersama sang isteri yang juga merupakan Ketua Dekrasnada, Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong ikut tampil memperagakan batik yang dikenakan.

Walaupun cuaca tidak mendukung, namun pergelaran Fashion Show tetap dilaksankan dan antusias dari masyarakat yang ingin melihat Bupatinya ikut dalam pergelaran Fashion Show.

Bak peragawan dan peragawati, keduanya berjalan di atas panggung sambil memperagakan fashion show, dan mendapat aplus para undangan, peserta dan masyarakat yang turut hadir dalam festival Tuah Mahasur tersebut.

M.SLH/BERITA SAMPIT – Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing saat ikut tampil Fashion Show pada festival Tuah Mahasur bersama sang suami.

Bukan hanya Bupati bersama isteri yang ikut memeriahkan Fashion Show tersebut. Namun Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing bersama sang suami turut ikut dalam memeriahkan acara pergelaran Fashion Show pada festival Tuah Mahasur. Keduanya tampil memukau di atas panggung.

BACA JUGA:   Dinas P2KBP3A Gunung Mas Kunjungi Kampung KB Kokolaka di Semarang

Ketua, Dekrasnada, Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong menyampaikan bahwa, pada tahun 2020, Dekranasda telah melaksanakan lomba desain Benang Bintik Kabupaten Gunung Mas yang desain tersebut telah diolah menjadi ragam busana baik formal dan non formal.

“Kedepannya benang bintik Gunung Mas diharapkan akan menjadi salah satu wastra Indonesia yaitu kain tradisional yang sarat akan makna budaya nusantara, yang dilestarikan dan digunakan dari generasi ke generasi,” terang Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong.

BACA JUGA:   Pelantikan Pengurus DPD KNPI Gunung Mas: Wadah Ide Kreatif Anak Muda untuk Kemajuan Daerah

Dijelaskannya, dari hasil kunjungan pengurus Dekranasda ke desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Gunung Mas didapati potensi, kreativitas dan peluang usaha masyarakat Gunung Mas cukup baik, hanya kurang konsistensi dalam produksi dan pemasaran.

“Dari latar belakang itulah, Dekranasda Kabupaten Gunung Mas berinisiatif melaksanakan pergelaran dan Expo UMKM yang diberi nama Festival “Tuah Mahasur”, dengan diharapkan dapat memulihkan perekonomian dan semangat pelaku UMKM dan tentunya Benang Bintik Kabupaten Gunung Mas semakin di kenal oleh masyarakat hingga ke nasional,” tutupnya. (Ale).