Pelaksanaan MTQ Mendorong Minat Baca Terhadap Al-Quran

LULUS/BERITA SAMPIT- Bupati Mura Perdie M Yoseph membuka secara resmi kegiatan MTQ di Kabupaten di Kecamatan Laung Tuhup.

PURUK CAHU – Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph secara resmi membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XI Tingkat Kabupaten Murung Raya tahun 2022 yang berlangsung di Kecamatan Laung Tuhup, Senin 31 Oktober malam.

Diketahui Kecamatan Laung Tuhup sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan MTQ di yang mulai tanggal 31 Oktober hingga 3 November 2022.

Hadir pula dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor, Ketua DPRD Mura, Perwakilan LPTQ Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Kepala Kementerian Agama Murung Raya, Kepala Kejakasaan Negeri (Kejari) Murung Raya dengan dihadiri ratusan masyarakat setempat.

Ketua Panitia MTQ XI tingkat Kabupaten Murung Raya Supriadi Usup yang juga Camat Laung Tuhup menyampaikan laporannya bahwa, penyelenggaraan MTQ sebagai wadah silaturahmi serta menjadi ajang menyiarkan syiar agama Islam dan mendorong minat baca terhadap Al-Qur’an.

BACA JUGA:   Pasar Murah Kalteng, Patok Harga Beras 10 Kg Cukup Bayar Rp20.000

“Terdapat 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Murung Raya mengirimkan kafilahnya masing-masing dengan total kafilah sebanyak 285 orang yang terdiri dari kafilah dan official,” kata Supriadi.

Adapun rincian kafilah yang mengikuti MTQ ke IX tingkat Kabupaten Murung Raya ialah Kecamatan Murung 45 orang Kecamatan Tanah Siang 26 orang, Kecamatan Permata Intan 35 orang, Kecamatan Tanah Siang Selatan 21 orang.

Kemudian, Kecamatan Sungai Babuat 20 orang, Kecamatan Sumber Barito 28 orang, Kecamatan Seribu Riam 15 orang, Kecamatan Uut Murung 25 orang, Kecamatan Batura 23 orang dan Kecamatan Laung Tuhup 47 orang.

Sementara itu, Bupati Murung Raya Peride M. Yoseph menyampaikan pelaksanaan MTQ sendiri merupakan momen dalam rangka menjaga kerukunan dan toleransi ditengah masyarakat Kabupaten Murung Raya yang heterogen.

BACA JUGA:   Sekda Kalteng Sambangi Murung Raya, Pastikan Program Pasar Murah Kebijakan Gubernur Tepat Sasaran

“Patut kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Murung Raya berdiri didasari dengan keragaman baik itu suku, ras dan agama, tentu kondisi tersebut perlu kita jaga bersama. Salah satunya melalui momentum MTQ ini,” imbuhnya.

Perdie juga mengajak masyarakat untuk menjaga kondusifitas dan selalu bersinergi dalam mewujudkan pembangunan yang berkesinambungan di Kabupaten Murung Raya, terlebih lagi tahun depan sudah memasuki tahun politik hingga pada tahun 2024 mendatang.

Selanjutnya kegiatan pada malam pembukaan juga diisi dengan pelantikan Dewan Hakim atau juri MTQ XI yang dilantik secara langsung oleh Bupati Murung Raya. Kemudian, pada penghujung acara kafilah dan masyarakat dihibur oleh artis jebolan KDI asal Aceh yakni Nong Niken.(Lulus)