Kadis PMD Kobar Yudi Hudaya: Tahun 2023 Ditargetkan 3 Desa Menjadi Definitif

Ist/BERITA SAMPIT : Yudi Hudaya Kadis DPMD Kobar.

PANGKALAN BUN – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Yudi Hudaya mengatakan pada tahun 2023 mendatang, di Kabupaten Kobar ditargetkan ada 3 desa persiapan yang statusnya menjadi defiitif.

Ketiga desa persiapan yang statusnya nanti 2023 bakal definitive yakni Desa Persiapan Pangkalan Lada yang merupakan pemekaran Desa Pandu Senjaya, Kecamatan Pangkalan Lada. Kemudian Desa Persiapan Sumber Sari dan Desa Persiapan Mulya Raya yang merupakan pememkaran dari Desa Karang Mulya, Kecamatan Pangkalan Banteng.

“Untuk mewujudkan 3 desa persiapan menjadi definitive, tim pemekaran dari provinsi akan melakukan verifikasi lapangan pada masing-masing  3 desa persiapan . Secara umum kami optimis, tahun 2023 nanti 3 desa persiapan tersebut akan menjadi desa definitif,” kata Yudi Hudaya, Kamis 3 Nopember 2022.

BACA JUGA:   Pemkab Kobar Jamin 81.325 Jiwa Penduduk Dalam Program JKN tahun 2024

Menurut Yudi, dari ketiga desa persiapan tersebut, seluruh persyaratan awal sudah terpenuhi. Contohnya jumlah penduduk dan tata batas antara desa yang telah rampung.

“Dengan adanya pemekaran desa maka hikmahnya akan terjadi percepatan dan pemerataan pembangunan. Serta perkembangan desa juga akan semakin cepat berjalan, termasuk peningkatan ekonomi masyarakatnya serta fasilitas infrastruktur, akan terus meningkat,” ucap Yudi.

BACA JUGA:   Launching Rekam Medik Elektronik RSSI Pangkalan Bun Diwarnai Buka Puasa Bersama

Menurutnya dalam prosesnya usulan untuk pemekaran desa banyak yang gugur lantaran terkendala oleh tata batas yang belum rampung.

“Saat ini tiga desa persiapan tersebut masih dipimpin oleh Pj. Kepala Desa yang ditunjuk oleh Pemkab Kobar. Nantinya bila sudah berubah menjadi desa definitif, tentunya segera dilakukan pemilihan kepala desa. Mohon doa restunya, semoga nanti dalam Pilkade serentak 2023 berjalan kondusif, tertib dan aman,“ pungkas Yudi Hudaya. (Man)