Dinas Pendidikan Palangka Raya Dukung Sekolah Terapkan IKM

Sebanyak 114 kepala sekolah termasuk pengelola TK dan PAUD di Kota Palangka Raya membahas program IKM yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya, Kamis (10/11/2022). ANTARA/Adi Wibowo

PALANGKA RAYA – Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mendukung sekolah dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di daerah setempat, menerapkan program Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) secara mandiri.

“Apa yang dilakukan Disdik tidak lain adalah keseriusan pemkot setempat terkait pendidikan. Maka itu kami sangat mendukung dengan Implementasi Kurikulum Merdeka diterapkan di setiap sekolah, untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Jayani, Jumat 11 November 2022.

Menurut dia, langkah tersebut sebagai salah satu sinergitas visi dan misi Wali Kota Fairid Naparin dalam mewujudkan kemajuan daerah dengan lingkungan dan masyarakat yang cerdas. Atas dasar itu pemkot setempat terus berkomitmen mendorong peningkatan kualitas pendidikan.

BACA JUGA:   Beasiswa TABE Tak Ada Kejelasan, GMKI Cabang Palangka Raya Akan Segera Gelar Aksi

Kemudian, kata Jayani, ada tiga tahapan dalam IKM tersebut, yakni IKM mandiri belajar, IKM mandiri berubah dan IKM mandiri berbagi.

Dari tiga tahapan itu, diharapkan langkah tersebut sekolah-sekolah di Palangka Raya bisa maju dan berkembang baik sesuai dengan apa yang selama ini kita harapkan.

“Hal itu juga mendukung visi dan misi wali kota dalam bidang pendidikan, yakni mewujudkan lingkungan dan masyarakat cerdas,” ucapnya.

Dia mengatakan, berbagai upaya yang telah dilakukan terkait peningkatan akses dan mutu pendidikan, diantaranya melalui peningkatan sarana prasarana maupun peningkatan operasional. Selain itu juga pelatihan bagi para pendidik maupun tenaga pengajar.

“Komitmen meningkatkan kualitas pendidikan menjadi salah satu prioritas Pemkot Palangka Raya demi semakin meningkatnya mutu pendidikan. Kualitas yang telah ada sangat bagus, namun bukan hanya sekedar kami pertahankan, tapi harus ditingkatkan agar mampu bersaing di level nasional bahkan internasional,” beber Jayani.

BACA JUGA:   Peluang Fairid Naparin Menang di Pilwalkot Palangka Raya Masih Besar

Ketua K3-PAUD Siti Aisyah menyampaikan, bahwa kegiatan dilaksanakannya itu berkat dukungan dan komitmen Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, salah satu program kerja kelompok pengelola dan kepala sekolah ingin melakukan peningkatan pendidikan di lingkup PAUD dengan menyesuaikan perkembangan zaman.

“Saat ini yang digencarkan yakni kurikulum merdeka, sehingga TK dan PAUD lebih baik. Kami merancang program kerja sama-sama sama belajar untuk mempersiapkan diri dalam kurikulum merdeka. Peningkatan kualitas SDM dari pendidik di Kota Palangka Raya,” ungkapnya.

(ANTARA)