Mengenal Dari Dekat Plt.Sekda Kobar Dr. Ir. Juni Gultom, ST, MTP

Plt.Sekda Kobar Dr.Juni Gultom,ST,MTP bersama Istri Ny.Selvie Gultom .

Oleh : Maman Wiharja ( Wartawan beritasampit.co.id) 

Senin 10 Oktober 2022 bagi Dr.Juni Gultom,ST, MTP merupakan hari yang cukup bersejarah dalam perjalanan kariernya sebagai Aparat Sipil Negara (ASN), lantaran hari yang tidak disangka-sangka tersebut (Senin 10 Oktober 2022 sore ), Juni Gultom langsung dipanggil keruangan kerja Pj. Bupati Kobar Anang Dirjo.

Setelah Juni Gultom berada diruangan Pj. Bupati Kobar, beberapa menit kemudian Anang Dirjo menyampaikan Surat Keputusan (SK) Jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Kabupaten Kobar kepada Juni Gultom, menggantikan Suyanto yang telah 3 tahun menjabat Sekda Kobar.

Sekarang Juni Gultom menjabat sebagai Plt. Sekda Kobar sudah sekiar 40 harian, dimana dalam usia 40 hari bagikan usia ‘puputnya’ seorang Ibu yang sudah melahirkan anaknya, dimana sang Ibu setelah melewati 40 hari boleh kembali banyak bergerak.

Begitu juga Juni Gultom, setelah 40 hari sudah banyak kesibukan kerja yang menetaskan sejumlah program kerja barunya.

Yah, memang benar jabatan Sekretaris Daerah (Sekda), bagaikan  sebuah ‘busi’ penggerak mesin motor. Dimana kalau busi motornya bagus, maka mesin motor pun akan hidup menggerakan masing-masing komponen yang menyatu dalam bodi motor.

Pengamatan penulis, tugas Sekda pun bak sebuah busi motor, sebagai penggerak, pelaksana, penggali ide-ide baru, untuk mendukung program Bupati.

Pengamatan penulis, selama 40 hari ini nampaknya Plt. Sekda Kobar sangat disibukan dengan tugas kerjanya. Lantaran Pj.Bupati Kobar Anang Dirjo, setelah menyerahkan Surat Keputusan (SK) sebagai Plt. Sekda Kobar kepada Juni Gultom, sempat ‘mengultimatum’ memberi waktu 1 bulan. Jika selama 1 bulan tidak mampu melaksanakan tugasnya sebagai Plt. Sekda, maka Juni Gultom silahkan mundur.

Maka dengan adanya ‘ultimatum’ yang disampaikan Pj. Bupati Kobar, kepada Juni Gultom pengamatan penulis bukanlah salah satu  ‘ancaman’ yang menakutkan, justru merupakan ‘cambuk’ untuk mendorong semangat kerja sebagai Plt. Seklda Kobar, mendampingi Anang Dirjo sebagai Pejabat (Pj) Bupati Kobar selama 2 tahun (2022-2024 ).

Juni Gultom, penulis kenal sejak dirinya sebagai staf di Kantor Bappeda Kabupaten Kobar, beberapa tahun kemudian pindah sebagai Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Daerah (PUD) dan akhirnya menjadi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kobar.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar Hadiri Launching Rute Baru Maskapai Batik Air

Pengamatan penulis selama Juni Gultom menjabat Kadis PUPR, sekitar 3 tahun lebih banyak meninggalkan karya-karya terbaiknya, antara lain memoles tepian bantaran DAS Arut, dengan program ‘Nol Jamban’ yang dikolaborasikan membangun sejumlah ‘Taman’ ditepian bantara DAS Arut.

Salah satunya adalah pembangunan “Water Front City”, yang terbukti bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan bagi para pelaku UMKM khususnya bagi warga masyarakat sekitar bantaran DAS Arut.

Karena sejak dibangunnya lokasi ‘Water Front City ’, yang juga sebagai obyek wisata di Kota Pangkalan Bun, maka bantaran DAS Arut nampak semakin hidup, lantaran ‘Water From City’ kini telah menjadi magnet para pengunjung.

Selain dari Kabupaten Kobar juga para pengunjung dari luar Kabupaten Kobar, berdatangan saat warga setempat/para pelaku UMKM menggelar even Jajanan khusus makanan khas Pangkalan Bun, dengan tema ‘ Bejaya Wadai’.

Karya dan ide-ide barunya untuk mendukung kinerja Pj. Bupati Kobar, kalau ditulis tentunya terlalu panjang. Singkatnya saja, selama 40 hari Juni Gultom bertugas sebagai Plt. Sekda Kobar, pengamatan penulis ada salah satu program kerjanya  yang cukup luar biasa di mata para awak ‘jurnalis’ yang bertugas di Kabupaten Kobar.

Yakni, terobosan barunya Juni Gultom telah memprogramkan, bagi seluruh Satuan Oprasional Perangkat Daerah (SOPD) khusus bagi Satuan Kepala Dinas, menggelar Coffe Morning bersama Pj. Bupati Kobar dan para awak Jurnalis yang tergabung di PWI Kabupaten Kobar.

Bahkan program tersebut, sudah dikemas melalui surat elektronik  sampai Jumat 2 Mei 2025 , yang nantinya setiap bulan pada hari Jumat pertama, surat tersebut disebarkan kepada seluruh/masing-masing kepala Dinas. Dan pada Jumat 2 Desember 2022 Coffe Morining bersama Pj. Bupati dan para awak media diawali digelar di Kantor Dinas PUPR Kabupaten Kobar.

“Sebagai Plt. Sekretasis Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat merupakan pekerjaan yang saya abdi saat ini. Saya seseorang yang memiliki semangat belajar dan bekerja yang tinggi, serta mampu beradaptasi dengan baik,“ kata Juni Gultom kepada penulis.

BACA JUGA:   Dirut Perumdam Tirta Arut Sapriansyah: Buka Puasa Bersama dan Pemberian Santunan Kepada Anak Yatim Sebagai Wujud Rasa Sukur

Seraya menambahkan, beberapa kegiatan dan posisi pekerjaan yang telah diemban, merupakan proses pembelajaran bagi dirinya dan pengabdiannya bagi Negara. Juga menyampaikan tanda Bintang 5, dengan semboyan “Soft Skills, Kepemimpinan, Kedisiplinan, Profesionalitas, Publis Speaking “.

Adapun pendidikan formal Juni Gultom;

  • 1976 -1982 SDN NO. 173704 SITAMIANG TAPANULI UTARA.
  • 1982-1985 SMP SWASTA BAKTI MULIA TAPANULI UTARA.
  • 1985-1988 SMA SWASTA BUDI MULIA PEMATANG SIANTAR.
  • 1988-1993 PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT (IPK: 2,52).
  • 2000-2002 PROGRAM STUDI MAGISTER PERENCANAAN KOTA DAN DAERAH UNIVERSITAS GADJAH MADA (IPK: 3,5).
  • 2014-2016 PROGRAM STUDI ILMU HUKUM UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG (IPK: 3,92). 2017-2022 PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG (IPK: 3,72)

PENGALAMAN KARIR :

  • 1998 PLH KASI PERHUBUNGAN DAN TELEKOMUNIKASI, BAPPEDA KOBAR.
  • 1999 KASI PERHUBUNGAN DAN TELEKOMUNIKASI, BAPPEDA KOBAR.
  • 2002 KASUBID PERHUBUNGAN DAN TELEKOMUNIKASI, BAPPEDA KOBAR.
  • 2007 KABID FISIK DAN PRASARANA, BAPPEDA KOBAR.
  • 2008 KABID SARANA DAN PRASARANA, BAPPEDA KOBAR.
  • 2013 KABID BINA MARGA, DINAS PUPR KOBAR.
  • 2019 SEKRETARIS DINAS PUPR KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT.
  • 2020 KEPALA DINAS PUPR KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT.
  • 2021 KEPALA BADAN PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT.
  • 2022 Plt. SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT

PENGEMBANGAN DIRI :

  • 2022 DIKLAT KEPEMIMPINAN NASIONAL TINGKAT II ANGKATAN XII. 2021 PELATIHAN DARING “ANALISIS DAN ANTISIPASI PENANGANANKERUSAKAN JEMBATAN BETON”.
  • 2021 KULIAH UMUM “STRATEGI PERDAGANGAN INTERNATIONAL DAN UPAYA INDONESIA MENINGKATKAN PERANNYA DI GLOBAL VALUE ”.
  • 2021 KULIAH UMUM “PENINGKATAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DAN UPAYA MEMANFAATKAN BONUS DEMOGRAFI ”.
  • 2021 PESERTA WEBINAR INTERNASIONAL “ CONDUCTING RESEARCH AND COMMUNITY SERVICES DURING THE COVID-19 PANDEMIC ”.
  • 2020 PESERTA KELAS ONLINE “ KEBIJAKAN PENGADAAN JASA KONSTRUKSI BERDASARKAN PERMEN PUPR NOMOR 14 TAHUN 2020”.
  • 2019 PESERTA PELATIHAN “LOCAL ECONOMIC DEVELOPMENT” ROTTERDAM, BELANDA. ***