Siswa SMPN 1 Kota Besi Latihan Upacara Bendera Ala Paskibra

NARDI/ BERITA SAMPIT- Siswa-siswi saat melaksankaan latihan upacara bendera.

SAMPIT – Siswa-siswi SMP Negeri 1 Kota Besi laksanakan kegiatan latihan upacara bendera, namun ada yang berbeda yaitu pasukan pengibaran bendera (paskibra) berjumlah 10 orang.

“Jika biasanya tiga saja, kami laksanakan dengan 10 orang, tim drumband juga ikut saat upacaraa bendera,” kata Kepala SMP 1 Kota Besi Anjar Subiantoro, Jumat 18 November 2022.

Anjar berharap dengan kegiatan tersebut siswa yang berparisipasi jadi lebih banyak yang berperan dalam upacara bendera yang bergiliran setiap kelasnya.

BACA JUGA:   SMP Negeri 1 Sampit Kembangkan Program Literasi, Libatkan Orang Tua Siswa Secara Aktif

“Sehingga melatih mereka dalam baris-berbaris sehingga bisa tampil rapi, kompak dan tertanam sikap disiplin didalamnya. Karena dalam kurikulum merdeka menanamkan pendidikan karakter siswa tidak hanya melalui pelajaran dan buku namun melalui berbagai kegiatan yang bersifat positif,” ujarnya.

Menurutnya, melalui upacara bendera dapat menanamkan sikap cinta tanah air, menumbuhkan jiwa nasionalis dan mengingat jasa-jasa para pahlawan merebut kemerdekaan.

BACA JUGA:   SMP Negeri 2 Sampit Bagikan Takjil untuk Masyarakat

Selain upacara juga setiap pagi siswa dikumpulkan untuk menerima arahan, nasihat, serta diimbau menjaga kebersihan dan lingkungan sekolah tetap aman dan nyaman untuk kegiatan belajar.

Sekolah yang beralamat di Jalan Tjilik Riwut Km17 Kota Besi Hulu, Kecamatan Kotabesi, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ini memiliki sekitar 422 siswa dengan rombongan belajar 14 dan 27 guru. (Nardi)