Upaya Mendeteksi Tumbuh Kembang Anak, Dinkes Gumas Gencarkan Kegiatan Posyandu

M.SLH/BERITA SAMPIT - Kegiatan Posyandu

KUALA KURUN – Upaya dalam mendeteksi pertumbuhan kembang anak, Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama Puskesmas Kurun, Tumbang Anjir menggelar kegiatan Posyandu akbar di Taman Kota Kuala Kurun.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas, Rina Sari menyebutkan selain dalam rangka momentum Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58. Kegiatan posyandu itu bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan untuk penimbangan balita ke posyandu.

“Dengan adanya kegiatan Posyandu ini, dapat mempermudah untuk mendeteksi pertumbuhan dan perkembangan anak serta kelainan penyakit pada anak, sehingga dapat dilakukan intervensi lebih dini,” terang Rina Sari belum lama ini.

BACA JUGA:   Pemkab Gunung Mas Gelar Bimtek Inovasi Daerah

Lebih lanjut dikatakannya, dalam kunjungan masyarakat di setiap kegiatan yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, setempat menurun akibat pandemi Covid-19.

“Karena kita saat itu, harus melakukan Protokol Kesehatan (Prokes), Itu yang menjadi kendala pada saat itu,” tuturnya .

Dirinyapun menjelaskan, pada saat pandemi covid-19 kegiatan posyandu tetap dilaksankan walaupun mendatangi rumah-rumah masyarakat yang di lakukan oleh para pengurus posyandu di wilayah masing-masing.

“Seiring juga dengan adanya inovasi dan kreativitas yang dilakukan dari pengurus posyandu, bagaimana meningkatkan daya tarik agar orang-orang bisa datang untuk menimbang,” pungkas Rina.

BACA JUGA:   Ratusan PPPK Jabatan Fungsional Guru di Gunung Mas Dilantik

Terpantau banyak warga masyarakat yang antusias berdatangan sambil membawa anaknya untuk ditimbang dan diberikan imunisasi serta makanan gizi tambahan dari petugas kesehatan dan pengurus Posyandu.

“Dapat kita lihat, antusias masyarakat yang mengikuti Posyandu kali ini sangat banyak, dan saya juga menghimbau kepada masyarakat, agar dapat mengantarkan anak-anaknya ketika ada kegiatan posyandu, sehingga nantinya anak-anak nya dapat terpantau tumbuh kembangnya,” tutup Rina Sari. (ale).