Kecamatan Tualan Hulu Siapkan Lahan untuk Bangun SMK Negeri

SAMPIT – Kecamatan Tualan Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur kini tengah mempersiapkan lahan untuk pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah setempat.

Camat Tualan Hulu Admadi Sastra mengatakan, pihaknya telah menyiapkan lahan dan kini juga tengah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah khususnya dinas pendidikan dalam mengajukan pembentukan SMK Negeri tersebut.

“Kami saat ini berjuang membangun SMK Negeri. Tanah sudah siap, proposal juga telah dilayangkan tahun lalu. Kami juga telah berkoordinasi dengan provinsi,” ucap Admadi, Jumat 2 Desember 2022.

Diakui Admadi Sastra, pendidikan di Kecamatan Tualan Hulu masih tertinggal dibandingkan wilayah perkotaan maupun kecamatan lainnya. Menyadari itu, pihaknya mengusulkan pengadaan SMK Negeri di bidang pertanian.

BACA JUGA:   Kunjungan Pasien Poli Mata RSUD dr. Murjani Meningkat Dalam Pelayanan Operasi Mata Katarak

“Sekarang ada dua SMK tapi itu di bawah naungan perusahaan besar kelapa sawit. Nah kami ingin ada SMK Negeri yang khusus membidangi pertanian secara umumnya yang juga mencakup perkebunan dan peternakan,” katanya.

Bukan tanpa sebab, menurut Admadi Sastra, potensi di Kecamatan Tualan Hulu, masih cukup besar, terutama di bidang perkebunan, sehingga masih menjanjikan bagi lulusan-lulusan SMK.

“Ada banyak yang masih bisa dikembangkan, misalnya pengembangan sapi terintegrasi sawit,” imbuhnya.

Dari itu ia berharap dengan keberadaan SMK negeri itu nanti, dapat membuat Tualan Hulu sejajar dengan kecamatan lainnya.

Selain itu anak-anak setempat yang telah lulus SMP tidak perlu jauh-jauh lagi jika ingin sekolah ke tingkat lanjutnya, selain meringankan dan mengurangi beban bagi warga yang kurang mampu melanjutkan pendidikan anaknya ke daerah perkotaan.

BACA JUGA:   Jadwal 2 Kapal Tujuan Sampit - Surabaya Dibatalkan Karena Cuaca Buruk dan Gelombang Tinggi

“Selain itu juga dengan adanya SMK di sini membantu anak-anak yang bersekolah di SMK Swasta yang jaraknya sangat jauh, ditambah lagi medan jalan yang lumayan sulit terutama saat musim hujan. Selain itu kami masyarakat Tualan Hulu nantinya juga lebih dekat dan lebih mempermudah orang tua/wali siswa dalam mengawasi anak-anaknya,” tegasnya

Ia juga berharap upaya ini didukung Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, khususnya dinas pendidikan. Sehingga pemerataan pendidikan seperti yang diinginkan bersama, dapat terwujud di Kotim sesuai dengan motto emerintah daerah Kotim Harati.(Andrea)