Polda Kalteng Perketat Pengamanan Mako dan Objek Vital

IST/BERITA SAMPIT - Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto

PALANGKA RAYA – Markas Komando (Mako) Polda Kalteng memperketat pengamanan di wilayah hukumnya untuk mengantisipasi kemungkinan adanya pelaku teror bom.

“Sebagaimana penekanan Kapolda Kalteng kepada Kapolres dan Kapolsek dijajarannya agar pengamanan diperketat mulai dari penjagaan Markas Komando Polres dan Polsek hingga objek vital,” kata Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto melalui Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol K. Eko Saputro, melalui keterangannya yang diterima, Rabu 7 Desember 2022.

Ia juga mengatakan bahwa penerapan siaga satu dengan memaksimalkan pengamanan di Markas Komando dan obkek vital ini guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:   DPMPTSP Melaksanakan Program Rutin Ramadan Berbagi

“Kewaspadaan harus benar- benar dijaga terutama kepada para pengendara serta warga yang hendak masuk dan melewati pos penjagaan untuk diwajibkan diperiksa,” jelasnya.

Selain itu, dalam arahannya Kapolda juga menekankan kepada seluruh personel agar wajib menggunakan rompi anti peluru dan mengenakan senjata lengkap ketika sedang bertugas serta cek kembali sistem penjagaan mako khususnya sarana prasananya seperti lampu sorot, dan cctv.

Peningkatan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas harus ditingkatkan. Personel tidak diperbolehkan bertugas seorang diri dan harus bekerja secara tim,sebar personel intelijen untuk deteksi indikasi teror maupun ganguan kamtibmas lainnya.

BACA JUGA:   Terkait Dugaan Malpraktik, RSUD Doris Ungkap Penanganan yang Dilakukan Sudah Sesuai Prosedur

Selanjutnya, tingkatkan kegiatan patroli dan sambang dengan sasaran yang tepat serta jalin komunikasi bersama masyarakat.

“Selain memberikan pelayanan kepada masyarakat, namun kita juga harus tetap waspada terhadap orang-orang yang berniat berbuat kriminal,” lugasnya.

Ia berharap agar masyarakat tetap tenang pasca kejadian bom bunuh diri di Bandung pagi tadi, serta jangan sampai terbawa isu yang belum tentu kebenarannya.

“Saya juga meminta kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif menjaga kamtibmas di wilayahnya. Apabila ada orang yang mencurigakan agar segera melapor ke kantor polisi terdekat,” pungkasnya. (Hardi)