TNI Hadiri Pelatihan Pengolahan Ikan Air Tawar

IST/BERITA SAMPIT - Suasana pelatihan pengolahan ikan air tawar (ikan asin dan kerupuk ikan) berbasis teknologi tepat guna.

PALANGKA RAYA – Babinsa Koramil 1016-01/Pahandut, Pelda Agus Wiyono menghadiri pelatihan pengolahan ikan air tawar (ikan asin dan kerupuk ikan) berbasis teknologi tepat guna yang berlangsung di Aula Kelurahan Tumbang Rungan, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya, Rabu 7 Desember 2022.

Dalam usaha meningkatkan kualitas dan kuantitas tersebut, Babinsa Koramil 1016-01/Pahandut, Pelda Agus Wiyono selalu aktif mendampingi pelatihan pengolahan ikan air tawar tersebut di wilayah binaannya.

BACA JUGA:   PAD Parkir di Palangka Raya Lampaui Target Berkat Inovasi Si-Lancip 

Terkait hal itu, Pelda Agus Wiyono mengatakan, dengan adanya pendampingan ini diharapkan untuk menambah motifasi partisipasi dalam menambah pendapatan keluarga khususnya bagi warga Kelurahan Tumbang Rungan.

“Proses pengolahan ikan air tawar yang dilakukan oleh warga yaitu dengan menggunakan metode penggaraman basah yaitu menggunakan larutan garam dan dilanjutkan dengan perendaman selama 1×24 jam, setelah itu tahap penjemuran sampai ikan menjadi kering, kemudian untuk pembuatan kerupuk, memerlukan beberapa bahan yaitu tepung tapioca, bumbu, telur, air, dan daging ikan tawar,” jelasnya.

BACA JUGA:   Pemkot Palangka Raya Antisipasi Dini Ancaman Karhutla

Ia berharap agar usaha seperti itu dapat menjadi contoh untuk masyarakat lainnya, khususnya warga Kelurahan Tumbang Rungan yang belum memiliki pekerjaan dalam meningkatkan perekonomian pendapatan keluarga melalui usaha mandiri. (Hardi).