Legislator Kalteng Dorong Pemda Maksimal Kelola Tahura di Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Gedung Kantor DPRD Kalteng.

PALANGKA RAYA – Legislator DPRD Kalteng, Sengkon mendorong pemerintah daerah (pemda) baik provinsi, kabupaten dan kota agar dapat maksimal dalam mengelola taman hutan raya (tahura) yang ada di Kalteng ini.

Ia mengatakan, tahura merupakan salah satu potensi wisata yang bisa memberikan dampak positif terhadap daerah dari segi pendapatan asli daerah (PAD). Sehingga hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

“Tahura yang ada di Kalteng ini seperti tahura Lapak Jaru di Kabupaten Gumas, itu perlu dimaksimalkan pengelolaannya. Karena adanya pengelolaan maksimal maka dapat memberikan dampak positif bagi daerah dan masyarakat,” ucapnya, melalui keterangannya yang diterima pada Senin 26 Desember 2022.

BACA JUGA:   Apresiasi Penanganan Infrastruktur Jalan di Kalteng, Dewan Ingatkan Pemprov Titik Jalan Lainnya Juga Diperhatikan

Ia mencontohkan, seperti tahura Sultan Adam yang ada di Provinsi Kalsel. Pemerintah setempat sangat maksimal dalam mengelola tahura tersebut, sehingga apa yang ada di tempat itu terlihat indah dan bersih.

“Itu bisa menjadi contoh bagi kita di Kalteng. Dari kunjungan kerja kami kesana beberapa waktu lalu, melihat tahura Sultan Adam begitu indah karena disana banyak yang bisa dikunjungi seperti taman konservasi anggrek, habituasi satwa, pesanggrahan belanda, dan lain-lain,” jelasnya.

BACA JUGA:   Saling Menghormati dan Tetap Menjaga Toleransi di Bulan Ramadan

Banyaknya tempat wisata yang terdapat di tahura Sultan Adam membuat para pengunjung betah untuk menikmati apa yang ada di tahura tersebut. Dan diharapkan Kalteng juga agar bisa mencontohkan pengembangan tahura Sultan Adam itu.

“Semoga kita bisa memiliki tahura yang sama indahnya dengan apa yang Kalsel miliki, kapan perlu kita tidak hanya memiliki satu atau dua tahura saja, tapi kembangkan disetiap daerah sehingga banyak alternatif kunjungan bagi wisatawan yang datang ke Kalteng,” pungkasnya. (Hardi)