Penjabat Bupati dan Pelaksana Tugas Sekda Kobar Semakin Antusias Membangun Daerah

IST/BERITA SAMPIT - Penjabat Bupati Kobar Anang Dirjo dan Pelaksana Tugas Sekda Kobar Juni Gultom.

Penulis: Maman Wiharja (Wartawan Senior Berita Sampit)

Para pejabat mulai dari Gubernur sampai Bupati/Wali Kota, Camat, Lurah/Kepala Desa. Juga para wakil rakyatnya di DPRD mereka semua tidak merasa terlena dengan melimpah ruahnya sumber daya alam di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), justru pengamatan penulis mereka semua berkerja keras untuk membangun daerahnya masing-masing.

Bukti mereka kerja keras, karena banyak para penjabatnya di 14 kabupaten/kota yang berprestasi dalam bidangnya masing-masing. Seperti contoh Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), yang berjuluk ‘Marunting Batu Aji’ (Menuju Kejayaan), atas nama pemerintahnya sudah puluhan penghargaan yang diterima baik dari Provinsi dan pemerintah Pusat.

Bahkan sekarang Pemerintahan Kobar, yang dikendalikan oleh 2 penjabat sementara yakni Penjabat (Pj) Bupati Kobar Anang Dirjo dan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kobar Juni Gultom, pengamatan penulis nampak penuh antusias kerja keras untuk meningkatkan pembangunan di Kabupaten Kobar.

Adalah Penjabat Bupati Kobar Anang Dirjo, yang dilantik Gubernur Kalteng 10 Mei 2022, kini selama 8 bulan bertugas mengendalikan roda pemerintahan, pengamatan penulis kini selama 8 bulan bertugas mengendalikan roda pemerintahan, pengamatan penulis cukup berhasil.

BACA JUGA:   Pj Bupati Buka Ramadan Cup Mini Soccer R88 Bersama Siwo PWI Kobar

Bahkan dengan kehadiran Plt. Sekda Kobar yang baru menjabat ‘semusim jagung’, 10 Oktober 2022 ( sekitar 3 bulan lebih ), nampaknya sangat cocok mendampingi sekaligus melaksanakan tugas-tugas kerja Pj. Bupati Kobar.

Seperti telah disampaikan Presiden Jokowi saat mengundang Pj.Bupati Kobar Anang Dirjo ke Istana Negara dan 31 Pj.Bupati lainnya se-Indonesia, awal Juni 2022.

Dalam arahannya Presiden Jokowi, menyampaikan bahwa tugas semua Pj. Bupati/Walikota, antara lain juga menyampaikan Pj.Bupati/Walikota harus bisa dengan segera kembali menghidupkan perekenomian, setelah 2 tahun kita terpuruk lantara Covid-19.

Pengamatan penulis, kinerja Pj.Bupati Kobar Anang Dirjo, dalam mengendalikan perekonomian khususnya ekonomi kerakyatan, yang dibantu Plt. Sekda Kobar Juni Gultom cukup berhasil, karena telah mampu menggeliatkan para pelaku UMKM di Kabupaten Kobar.

Maka sangat wajar kalau Pj.Bupati Kobar Anang Dirjo, belum lama ini mendapat ‘Tanda Jasa’/Penghargaan berupa ‘Lencana Siddhakarya 2022 ‘ dari Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran, karena dinilai mampu meningkatkan produktifitas, khususnya ekonomi kerakyatan melalui para pelaku UMKM.

Juga menyusul 21 Desember 2022 Plt.Sekda Kobar Juni Gultom, mendapat penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Dan penghargaan dari Kementerian PANRB sebagai innovator (penggagas ide) peningkatan infrastruktur jalan (Jalan Konsorsium).

BACA JUGA:   Bulan Ramadan, Kapolres Kobar Imbau Personel Tak Kendur Jaga Kamtibmas

Walhasil pengamatan penulis, duet 2 pejabat yang sama-sama berstatus ‘Penjabat Sementara’, itu nampaknya roda pemerintahan di Kabupaten Kobar, melaju semakin mantap, lantaran Pj. Bupati Kobar Anang Dirjo dalam setiap pertemuan dengan seluruh SOPD, sering menyampaikan kata dan kalimat yang cukup tajam. ‘Perintah itu bukan harus diterima, tapi harus dilaksanakan’.

Juga Anang Dirjo sering menyampaikan ke semua SOPD harus bisa menggali ide-ide dan program-program baru, sehingga kedepannya pembangunan di Kabupaten Kobar semakin meningkat.

Perintah Anang Dirjo yang cukup tajam tersebut, pengamatan penulis akan menjadikan sebuah ‘analisis’ atau nilai tambah bagi para OSPD khususnya para kepala dinas.

Dalam artian prediksi penulis, kalau ada kepala dinas yang benar-benar bisa bekerja dengan sungguh-sungguh (dalam bidangnya), kemungkinan kedudukannya akan dipertahankan.

Namun sebaliknya kalau masih ada kepala dinas yang, hanya bisa ‘sumuhun dawuh keatasan’ tapi tidak bisa menggali program. Maaf, silahkan mundur.