Dokter Diharapkan Dapat Berkontribusi Positif Dalam Pembangunan Kesehatan

IST/BERITA SAMPIT - Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Suhaemi.

PALANGKA RAYA – Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan SDM Suhaemi menghadiri acara Sidang Terbuka Senat Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya (UPR) sekaligus Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Angkatan XXIII Fakultas Kedokteran UPR yang dilaksanakan di Aula Rahan Gedung Rektorat UPR, Kamis 19 Januari 2023.

Dia mengharapkan dokter baru yang telah dilantik dan disumpah hari ini dapat berkontribusi positif terhadap pembangunan kesehatan di Indonesia, khususnya di Kalteng.

“Profesi dokter adalah profesi yang mulia. Ketika seorang dokter berhasil menyembuhkan seorang pasien, dia tidak hanya membahagiakan pasien tersebut, tetapi juga keluarga dan orang-orang terdekatnya. Oleh karena itu, jalankan lah tugas sebagai dokter profesional yang amanah, dengan menerapkan etika kedokteran sesuai ilmu dan sumpah yang baru saja saudara ucapkan,” jelasnya.

BACA JUGA:   Evaluasi Perkembangan dan Penerapan Demokrasi, Kesbangpol Kalteng Gelar FGD

Lebih lanjut Suhaemi berpesan kepada dokter yang disumpah janjinya untuk tidak berhenti menimba ilmu dan mengikuti perkembangan teknologi.

“Kami berharap saudara akan dapat memanfaatkan program internship untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sebelum saudara-saudara menjalankan praktik mandiri di masyarakat atau melanjutkan pendidikan,” harapnya.

Suhaemi juga berharap, 27 orang dokter yang telah diambil sumpah tersebut dapat ikut berkontribusi dalam mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan pada situasi saat ini.

“Anda harus menjadi dokter yang profesional dan peka terhadap permasalahan di tengah masyarakat, taat kepada aturan dan norma yang berlaku, senantiasa menjunjung tinggi keselamatan pasien, mengutamakan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien, serta selalu berpikir dan berkarya untuk kualitas profesi dan pengabdian kepada kemanusiaan,” lugasnya.

BACA JUGA:   Kalteng Selalu Berupaya Maksimal dalam Menekan Angka Inflasi di Daerah

Sementara itu, Wakil Rektor Akademik UPR Natalina Asi menyampaikan dari tahun ke tahun tren Fakultas Kedokteran UPR menunjukkan performance yang semakin meningkat.

“Ini suatu kebanggaan bagi kami selaku Lembaga UPR untuk terus meningkatkan performance kami di mata masyarakat. Ini sebagai bukti Fakultas Kedokteran sudah bekerja keras untuk mewujudkan mimpi saudara-saudara melihat sebuah keberhasilan,” pungkasnya. (Hardi)