Aplikasi eDABU Permudah Badan Usaha Kelola Kepesertaan BPJS Kesehatan

RAHUL/BERITASAMPIT - Foto bersama Camat se Kota Palangka Raya, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Dukcapil saat Sosialisasi Teknis Penggunaan Aplikasi Edabu PD Pemda, di Ruang Rapat Peteng Karuhei I Kantor Walikota Palangka Raya, Kamis 26 Januari 2023.

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) menggelar Palangka Raya menggelar Sosialisasi Teknis Penggunaan Aplikasi eDABU PD Pemda, di Ruang Rapat Peteng Karuhei I Kantor Walikota Palangka Raya, Kamis 26 Januari 2023.

Aplikasi Layanan Elektronik Data Badan Usaha (eDABU) BPJS Kesehatan, merupakan aplikasi yang memudahkan badan usaha atau perusahaan untuk mengelola kepesertaan BPJS Kesehatan. Mulai dari mengurus administrasi kepesertaan bagi karyawan maupun anggota keluarga karyawannya.

Kepala Bidang Perluasan Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, Asep Komarudin saat memaparkan, mengatakan bahwa aplikasi eDABU hadir untuk mempermudah pelayanan dari masyarakat.

BACA JUGA:   Permas Palangka Raya Adakan Kegiatan Silahturahmi dan Buka Bersama

“Sebelumnya, kita tahu eDABU BPJS Kesehatan adalah sistem atau aplikasi yang dikembangkan BPJS Kesehatan guna memudahkan badan usaha atau organisasi untuk memproses pendaftaran, meng-update data, pembayaran iuran, dan lain-lain,” jelasnya.

Lanjut dia, aplikasi ini sangat bermanfaat karena umumnya banyak badan usaha atau organisasi peserta BPJS Kesehatan merasa kesulitan dalam mendaftarkan karyawannya.

“Muncul aplikasi Edabu untuk mempermudah bapak ibu mendaftarkan karyawannya,” katanya.

Asep juga menyebut, dengan adanya aplikasi ini maka alur pendaftarannya pun menajdi disederhanakan.

“Yang pertama Bapak atau Ibu datang ke kelurahan atau kecamatan, yang kedua kelurahan atau kecamatan melakukan verifikasi atau validasi input data peserta, yang ketiga persetujuan atau approval, kemudian peserta tedaftar sebagai Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), setelah itu langsung aktif setelah terdaftar, kemudian langsung bisa mengakses fasilitas kesehatan,” jelasnya.

BACA JUGA:   Beasiswa TABE Tidak Ada Kejelasan, Netizen Ramai-ramai Serbu Akun Instagram Disdikkalteng

Dalam sosialisasi tersebut dipimpin langsung oleh Asiste 1 Setda Kota Palangka Raya, Zulhikmah Rafiq dan dihadiri oleh Camat dari lima Kecamatan di Kota Palangka Raya, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Dinas Penduduk dan Catatan Sipil lingkup Kota Palangka Raya.

(rahul)