Dewan Kalteng Minta Semua Masyarakat Waspada Karhutla

HARDI/BERITA SAMPIT - Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno.

PALANGKA RAYA – Ketua DPRD Kalteng Wiyatno imbau semua elemen masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan dini terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah setempat.

“Untuk seluruh elemen masyarakat agar mulai meningkatkan kewaspadaan dini terhadap ancaman karhutla, meskipun masih di musim hujan, antisipasi sedini mungkin penting untuk dilakukan,” katanya melalui rilis yang diterima pada Jumat 27 Januari 2023.

BACA JUGA:   Saling Menghormati dan Tetap Menjaga Toleransi di Bulan Ramadan

Selain itu, bagi masyarakat yang berdomisili atau tinggal di wilayah-wilayah kelurahan yang sejauh ini rawan terjadi karhutla, maka kewaspadaan dan kesiapan dini harus dilakukan.

Sementara itu bagi Pemerintah Daerah, terutama melalui instansi terkaitnya, diharapkan dapat terus melakukan kesiapan itu.

“Saya imbau agar fokus, pada pencegahan dini terjadinya karhutla. Sekaligus memperkuat sosialisasi agar warga tidak membakar lahan di musim kemarau,” lugasnya.

BACA JUGA:   Penguatan Ketahanan Pangan Dapat Memberikan Dampak Positif

Ia juga mendorong kepada pemerintah setempat untuk melakukan pengecekan dan persiapan lainnya, seperti terkait ketersediaan sarana dan prasarana karhutla.

Oleh karena itu, dengan upaya memenuhi segala kekurangan sarana prasarana atau sarpras. Dengan begitu upaya mencegah bencana karhutla secara maksimal dapat dilakukan. (Hardi).