Keberagaman Masyarakat Kalteng Menjadi Potensi Menunjang Pembangunan

HARDI/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyampaikan, keberagaman masyarakat Kalimantan Tengah dapat menjadi potensi sangat besar dalam menunjang pembangunan, namun apabila kerukunan masyarakatnya tidak kita rawat dengan baik, keberagaman suku dan agama tersebut dapat menimbulkan gesekan-gesekan, pertikaian, dan konflik sosial, yang tentunya akan dapat mengganggu persatuan dan stabilitas pembangunan.

“Oleh karena itu, kegiatan Hasupa Hasundau pagi hari ini dapat menjadi forum strategis untuk semakin mempererat rasa persaudaraan dan sinergi kita semua, seluruh elemen masyarakat di Kalimantan Tengah, untuk bersama-sama terus menjaga kerukunan, keharmonisan, dan persatuan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah,” katanya saat menghadiri kegiatan Hasupa Hasundau di Balai Berkah Korem 102/Pjg, Selasa 31 Januari 2023.

BACA JUGA:   Polda Kalteng Sediakan 51 Posko Pantau Arus Mudik

Terlebih lagi saat ini memasuki tahun politik, di mana pada tahun 2024 mendatang akan dilaksanakan Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif serta Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada secara serentak. Jangan sampai terpecah belah gara-gara berbeda pilihan politik. Pilihan boleh beda, tapi harus selalu diingat, semua tetap saudara sebangsa dan setanah air.

“Saya yakin, kita semua tidak ingin masyarakat terkotak-kotak, saling hujat-menghujat, dan bahkan bermusuhan hanya karena berbeda aspirasi dan calon. Pemilu dan Pilkada harus kita sambut dengan sukacita dan kedamaian, karena digelarnya Pesta Demokrasi tersebut bukan semata-mata ajang perebutan kekuasaan, tetapi untuk membawa kemajuan daerah dan negara serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Bukan zamannya lagi politik gontok-gontokan, sekarang ini eranya adu ide dan gagasan, kontestasi program kerja, demi kemajuan bangsa dan negara. Hindari intimidasi, provokasi, ujaran kebencian, hoaks, politik uang, dan politik identitas. Persatuan dan kesatuan bangsa harus selalu dikedepankan. Jangan mengorbankan kepentingan bangsa untuk kepentingan pribadi, golongan, dan kepentingan lainnya.

BACA JUGA:   Lapak Pengepul CPO Ilegal di Sampit Menjamur, Disinyalir Terima Penggelapan

“Untuk itu, saya mengajak seluruh komponen masyarakat di Kalimantan Tengah, mari kita bersama-sama sukseskan Pemilu dan Pilkada 2024, dengan terus menjaga kerukunan dan persatuan, terus merawat kebhinekaan dan keutuhan bangsa, dengan menjunjung tinggi falsafah Huma Betang yang kita miliki, agar situasi bangsa khususnya di Kalimantan Tengah akan selalu aman, nyaman, harmonis, dan kondusif. Sukses Pemilunya, Damai Masyarakatnya, Maju Bangsanya,” tegasnya. (Hardi).