Pemprov Kalteng Taman 1.000 Bibit Durian

IST/BERITA SAMPIT - Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran secara simbolis menanam bibit durian varietas Gelapir.

PALANGKA RAYA – Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Tengah, Ivo Sugianto Sabran mewakili Pemerintah Provinsi Kalteng melakukan penanaman sebanyak 1.000 bibit durian varietas Gelapir secara simbolis di Jalan Tjilik Riwut KM 38 Palangka Raya, Rabu 1 Februari 2023.

Kegiatan penanaman ini dalam rangka Gerakan Penanaman 1.000 Pohon Serentak oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wury Ma`ruf Amin secara virtual dari UPT Balai Pengujian Mutu Pakan, Pembibitan dan Hijauan Makanan Ternak (BPMPPHMT), yang dilaksanakan secara hybrid dan dipusatkan di Magelang.

“Kegiatan ini merupakan salah satunya untuk penghijauan. Kita secara simbolis menanam 100 pohon durian. Kenapa kita pilih durian, karena ketentuannya yang ditanam harus tanaman kayu. Durian ini juga bisa kita manfaatkan buahnya,” katanya.

BACA JUGA:   Evaluasi Perkembangan dan Penerapan Demokrasi, Kesbangpol Kalteng Gelar FGD

Selain durian, beberapa waktu lalu di lokasi sekitar juga ditanam berbagai sayuran dan hortikultura.

“Diharapkan nantinya semua itu bisa terintegrasi dan dilakukan pengembangan lebih lanjut agar bisa dimanfaatkan sebagai tanaman sayur, kayu, dan hortikultura. Selain itu juga bisa kita manfaatkan sebagai tempat agrowisata,” harapnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Provinsi Kalteng akan menggandeng kelompok tani sekitar untuk merawat tanaman-tanaman tersebut.

“Dengan adanya lokasi pertanaman di UPT BPMPPHMT ini, diharapkan bisa menjadi daerah percontohan untuk pemanfaatan lahan yang kurang produktif. Lahan ini kita olah dan kita lakukan pendampingan sehingga bisa kita optimalkan 50 Hektar lahan yang ada di sini. Tidak hanya di lingkup Pemprov saja, tetapi kita juga akan melibatkan masyarakat sekitar juga,” jelasnya.

BACA JUGA:   Rapat Koordinasi TORA, Nuryakin Berharap Ada Rumusan Menata Kembali

Sementara itu, Kepala Dinas TPHP Provinsi Kalteng Sunarti menyampaikan durian Gelapir yang ditanam tersebut merupakan durian lokal yang sudah terdaftar di Kementerian Pertanian.

“Durian ini sudah terbukti dari cita rasanya bagus, jadi kita memunculkan produk asli genetik Kalteng,” lugasnya.

Sunarti berharap ketika durian ini panen nantinya, masyarakat bisa mencontoh dan menghasilkan durian Palangka Raya.

“Selama ini yang kita kenal hanya durian Kasongan, durian Puruk Cahu, dengan ditanam durian ini maka Palangka Raya bisa punya durian sendiri,” tandasnya. (Hardi).