Pj Bupati Kobar Anang Dirjo: Saya Sedih Kalau Melihat Anak Yatim Piatu yang Tidak Mampu Tidak Bisa Melanjutkan Sekolah

IST/BERITA SAMPIT - Pj Bupati Kobar Anang Dirjo didampingi Plt Sekda Kobar Juni Giltom, foto bersama anak yatim piatu dan Kadis Transmigrasi Dan Tenaga Kerja dan unsur lainnya.

PANGKALAN BUN – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat di bawah kepemimpinan Pj Bupati Kobar Anang Dirjo, akan memberdayakan anak anak yatim piatu yang tidak mampu, untuk bisa sekolah dan pintar sekolahnya.

“Kalau mereka (anak yatim) sudah diberdayakan, bisa bersekolah kemudian disekolahnya cerdas dan pintar, maka Pemkab Kobar pun akan memberikan beasiswa kepada anak anak yatim piatu yang ingin mengenyam pendidikan yang lebih tinggi,“ kata Anang Dirjo, usai acara Sosialisasi Pemagangan ke Jepang di Ballroom Brits Hotel Pangkalan Bun, Rabu 22 Februari 2023.

Maka dari sekarang, lanjut Anang Dirjo, anak anak yatim piatu yang tidak mampu harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah daerah, karena mereka punya hak untuk mendapatkan kehidupan yang layak.

BACA JUGA:   Launching Rekam Medik Elektronik RSSI Pangkalan Bun Diwarnai Buka Puasa Bersama

“Saya suka sedih, kalau ada anak yatim piatu yang tidak mampu, tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, saya akan memprogramkan ini, bila perlu setiap tahun ada 2 anak yatim piatu yang akan di biayai oleh pemerintah daerah untuk melanjutkan pendidikan misalnya mau ambil fakultas kedokteran, silakan saja, kita akan biayai,” uar Anang Dirjo, kepada sejumlah awak media.

Sebab menurutnya, banyak keluhan dari masyarakat yang tidak mampu, dimana mereka ini kesulitan untuk membiayai anaknya sekolah yang lebih tinggi. Padahal didalam UUD 1945 Pasal  34 sudah di jelaskan.

“Negara Indonesia ini merupakan negara yang menjunjung tinggi falsafah gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, kenapa saya ingin membiayai anak anak yatim piatu ke sekolah yang lebih tinggi, karena itu sudah jelas tertuang dalam UUD 1945 Pasal 34 ayat 1 dan 2,” imbuh Anang Dirjo.

BACA JUGA:   Kuncoro Candrawinata Bagikan Ratusan Paket Sembako Ramadan Kepada Karyawannya dan Warga Kurang Mampu

Keperdulian Anang Dirjo terhadap anak anak yatim piatu yang tidak mampu begitu besar, hal itu bisa terlihat setiap ada kegiatan, selalu disisipkan penyerahan bantuan kepada anak anak yatim piatu.

“Anak anak ini (yatim piatu) punya hak yang sama dengan anak-anak lainnya, mereka ini punya hak untuk bahagia dan punya hak untuk mencapai kesuksesan dimasa mendatang, sehingga pemerintah daerah harus hadir dalam mengatasi keterbatasan anak anak yatim piatu yang tidak mampu ini,” pungkas Anang Dirjo dengan penuh bijaksana. ( Man ).