BKKBN Kalteng Gelar Rakorda, Ini Tujuannya

HARDI/BERITA SAMPIT - Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, Dison.

PALANGKA RAYA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Kalimantan Tengah, melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan di di Swisbell Hotel Danum Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu 1 Maret 2023.

Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, Dison menyampaikan, tujuan umum dari rapat ini ialah meningkatkan sinergitas dan kolaborasi pemangku kepentingan di tingkat Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota serta para mitra dalam pencapaian sasaran Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting.

“Selain itu untuk tujuan khusus rapat ini untuk meningkatkan komitmen pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota serta para Mitra dalam mendukung program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting,” katanya.

BACA JUGA:   PMI Kalteng Apresiasi PMI Gunung Mas Berikan Layanan Sosial Operasi Katarak Gratis

Selain itu tujuan khusus lainnya yaitu merumuskan rencana kerja/rencana aksi kegiatan prioritas pencapaian sasaran program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting. Implementasi dan pemanfaatan hasil pemutahiran data PK 22 sebagai basis data dan strategi pencapaian sasaran kinerja dan penurunan angka stunting di Kalimantan Tengah.

Terakhir optimalisasi peran serta Mitra Kerja terkait dalam Percepatan Penurunan Stunting melalui berbagai program yang ditetapkan.

Selain itu, hasil yang diharapkan salah satunya seperti menurunkan angka prevalensi stunting. Meningkatkan kualitas penyiapan kehidupan berkeluarga. Meningkatkan akses dan mutu pelayanan Kesehatan. Meningkatkan komunikasi perubahan perilaku dan pemberdayaan masyarakat.

Ia juga menyampaikan, isu stunting harus tetap menjadi perhatian khusus, terutama agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Target penurunan angka stunting di Kalimantan Tengah yaitu 15,38 persen pada tahun 2024.

BACA JUGA:   Kalteng Ramadan Festival 1445 Hijriah Resmi Ditutup

Sementara data SSGI di tahun 2022 angka stunting di Kalimantan tengah 26,9 persen. Melihat angka tersebut menunjukkan bahwa masih banyak tugas yang harus kita lakukan untuk mencapai target penurunan angka stunting di Kalimantan Tengah.

“Melalui Rakorda tahun 2023, kami menaruh harapan besar agar Program Bangga Kencana dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting diimplementasikan dengan baik oleh kita semua, sehingga keluarga berkualitas dan pertumbuhan penduduk seimbang dapat kita raih bersama guna mendukung tercapainya Visi Gubernur untuk mewujudkan Kalimantan Tengah Makin BERKAH,” pungkasnya. (Hardi)