Jalan Menuju Jembatan Sei Katingan Mulai Terapkan Buka Tutup

PERBAIKAN : Pengguna jalan harus antri menyeberangi jembatan Sei Katingan yang mulai diperbaiki. Kamis, 23 Maret 2023.

KASONGAN – Pekerjaan konstruksi pemeliharaan dan perbaikan Jembatan Sei Katingan, Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan, mulai dikerjakan. Kamis, 23 September 2023.

Perbaikan lantai jembatan yang mengalami lobang yang cukup besar, menyebabkan antrian panjang tidak dapat terelakan.

Sistem buka tutup jalan terpaksa dilakukan, para pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat harus saling tunggu.

Pantauan dilapangan antrian ini terjadi di titik jalan dari Jalan di depan Bank BNI Cabang Kasongan hingga Taman Religi Kasongan.

Sedangkan diarah sebaliknya, titik antri peringatan di Jalan Tjilik Riwut Km. 01 Kasongan – Sampit hingga bundaran pasar Kasongan.

Memastikan arus lintas agar berjalan lancar personil satuan lalu lintas Polres Katingan dan Dishub Katingan diturunkan disetiap titik posko antri.

BACA JUGA:   Satpol PP Katingan Imbau Pengusaha Tidak Menjual Miras Selama Ramadan

Tak jarang pengemudi roda empat terpaksa balik arah lantaran beban angkutan melebihi 8 ton, para sopir mengaku masih minim informasi terkait rekasa jalan dengan cara buka dan tutup ini.

“Tadi ada sebagian sopir terpaksa balik arah karena muatanya dinilai lebih 8 ton, ada juga yang kaget kalo sistem buka tutup ini sudah diterapkan. Memang ada kabar terkait perbaikan jalan ini,” ungkap salah satu pengguna jalan Rusdi.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan dan Perikanan Kabupaten Katingan Roby mengatakan pihaknya belum lama ini telah menggelar rapat koordinasi terkait teknis rekayasa jalan untuk mencegah kemacetan saat perbaikan jembatan sei Katingan.

Dia mengatakan pengaturan arus lalu lintas angkutan orang dan barang yang melintasi jembatan Sei Katingan sejak tanggal 23 Maret 2023 sampai 10 April 2023 akan diberlakukan secara buka-tutup selama 24 jam/hari.

BACA JUGA:   Siswa SMA Negeri 2 Kasongan Bagikan 200 Paket Takjil untuk Masyarakat

“Untuk maksimal beban kendaraan dan angkutan seberat 8 Ton. Kalo lebih akan diarahkan ke jalur alternatif melintasi Jembatan di Desa Telok Kecamatan Katingan Tengah,” ungkapnya.

Mantan Kepala BPBD Katingan itu juga menegaskan, penutupan total akan dilakukan pada tanggal 27 Maret 2023 dan tanggal 7 April 2023, mulai pukul 22.00 wib sampai pukul 05.00 wib untuk melakukan pengecoran lantai beton.

“Diharapkan seluruh kegiatan pemeliharaan dan perbaikan lantai jembatan selesai pada tanggal 10 April 2023, dan jembatan kembali dibuka total sebagaimana mestinya,” tutupnya.

(Kawit)