KPU Bartim Uji Data 85.846 Menjadi DPS Bersama PPK dan PPS

REDHA/BERITA SAMPIT - KPU Bartim bersama PPK dan PPS satukan data untuk menentukan DPS yang valid.

TAMIANG LAYANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Timur uji data hasil coklit 85.846 pada tanggal 14 Maret bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Anugerahadi selaku Pelaksana Harian (Plh) KPU Bartim Rapat Kerja Bersama PPK dan PPS dalam rangka menindak lanjuti penyiapan penyusunan daftar pemilihan, Jumat 24 Maret 2023.

“Menindak lanjuti hasil coklit yang sudah selesai pada tanggal 14 Maret lalu, namun untuk memastikan data yang sudah layak masuk ke DPS apa lagi DPT, karena itu kita melakukan proses analisa data, baik itu data anomali, data invalid dan potensi kegandaan terjadi,” ujarnya

BACA JUGA:   Dishub Bartim Fasilitasi Pemudik Jelang Lebaran

Sementara itu, sebagai koordinator divisi perencanaan data dan informasi, Anugerahadi menjelaskan, kegiatannya tentang validitas daftar pemilih DPS saat ini 85.846 total hasil coklit sampai selesai besok hari di kecamatan yang berbeda.

“Saat ini kita laksanakan uji data DPS 85.846 total hasil coklit dusun. Terdiri dari Kecamatan Dusun Timur yaitu Muara Awang, Putui, Banua Lima, Paju Epat. Adapun agenda untuk besok akan selanjutnya dilaksanakan di Kecamatan Dusun Tengah, Kelurahan Pematang, digabung menjadi satu dari lima kecamatan,” ujarnya.

BACA JUGA:   KNPI Kabupaten Barito Timur Safari Ramadan di Tiga Kecamatan

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan saat pelaksanaan KPPS di lapangan dengan membawa data yang sudah mutakhir. “Mengantisipasi ketika kawan-kawan di KPPS nanti tidak ada lagi masalah karena sudah memiliki data yang bersih,” ujarnya.

Saat ini 175 PPK dan PPS yang hadir dalam rapat persiapan penyusunan Daftar Pemilih Sementara DPS. (Redha).