Tiket Kapal Pelabuhan Sampit Ludes Terjual Hingga Jelang Lebaran, Kepala KSOP Akan Upaya Penambahan Tiket

IBRAHIM/BERITA SAMPIT- Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kabupaten Kotim, Miftahul Hadi.

SAMPIT – Dua minggu jelang lebaran, tiket kapal penumpang mudik di Pelabuhan Sampit habis terjual menuju Pulau Jawa diprediksi sudah habis terjual hingga jelang lebaran.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kabupaten Kotim, Miftahul Hadi dalam rapat koordinasi lintas sektor dengan instansi Ruang Rapat Anggrek Tebu Lantai II Kantor Bupati Kotim, Senin 3 April 2023.

“Data pergerakan arus mudik penumpang pada masa angkutan lebaran Pelabuhan Sampit 2023 naik 16,5% yaitu 8.527 penumpang. Sedangkan kuota yang diberikan PT Pelni Pusat kepada Pelni Sampit hanya 6.000 tiket penumpang dan perkirakan ludes 2 minggu sebelum lebaran,” ucap Miftahul Hadi.

BACA JUGA:   PPLIPI Kotim Berbagi Takjil di Nur Mentaya Sampit

Pihaknya sudah mengirimkan surat rekomendasi kepada Pelni Pusat untuk penambahan Poll disetiap Armada. Karena diprediksikan kuota penumpang akan terus bertambah melebihi kapasitas yang diberikan sebelumnya.

“Kondisi untuk penjualan tiket KM Kirana 1 untuk keberangkatan 11 dan 14 April hari ini sudah ditutup karena sudah maksimal. Untuk keberangkatan 15 dan 19 April juga sudah ditutup karena sudah memenuhi kuota,” jelasnya.

BACA JUGA:   Sekretaris KPU Kotim: Satu Bulan Keterlambatan Gaji PPS Masalah Administrasi

Menurutnya, hari ini masih banyak penumpang yang berdatangan ke Kantor Pelni Sampit dan Darma Lautan untuk membeli tiket tapi kuotanya sudah ditutup. Dengan keadaan seperti ini potensi penumpang masih membludak untuk mudik lebaran di pelabuhan tersebut.

“Semoga segera direspon surat rekomendasi oleh Pelni Pusat untuk segera ada penambahan tiket penumpang. Maksimal estimasi 10.000 penumpang untuk mengantisipasi dengan melihat kondisi mudik saat ini,” pungkasnya. (Ibra).