Hasil Seleksi Anggota Paskibraka Kabupaten Barsel Akan Diumumkan Setelah Idul Fitri

DEDDY/BERITA SAMPIT - Kabid Ketahanan Ideologi Bangsa Kesbangpol Barsel Salafuddin, SP., M.AP

BUNTOK – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Edi Suharto, S.Sos melalui Kabid Ketahanan Ideologi Bangsa Salafuddin menyampaikan, hasil seleksi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2023 tingkat kabupaten yang lulus belum diumumkan.

Alasannya, karena panitia seleksi masih mengumpulkan hasil dari seluruh tahapan seleksi baik seleksi administrasi, kesehatan, parade, PBB, tes intelektual intelegensi umum, wawasan kebangsaan dan yang lainnya.

Dalam waktu dekat panitia akan melakukan rapat untuk menentukan hasil penilaian dari seleksi tersebut dan selanjutnya akan diketahui oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

“Kemungkinan setelah lebaran hari raya Idul Fitri 1444 hijriah, hasil dari seleksi tersebut akan diumumkan nama-nama peserta yang lulus sebagai anggota Paskibraka Kabupaten dan untuk tingkat Provinsi Kalteng,” katanya Salafuddin saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 3 April 2023.

Kata Salafuddin, sesuai dengan ketentuan untuk kebutuhan anggota Paskibraka tingkat kabupaten adalah 70 orang, 4 orang untuk tingkat provinsi plus 4 orang cadangan total keseluruhan ada 78 anggota Paskibraka.

“Sedangkan empat orang cadangan tersebut, mereka menggantikan apabila dari empat orang ada yang mengundurkan diri karena sakit ataupun kendala yang lainnya,” jelasnya.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

Pada kesempatan ini dirinya juga menuturkan, bagi peserta yang tidak lulus dalam seleksi akan direkomendasikan menjadi anggota Paskibraka di tingkat kecamatan.

“Yang jelas bagi yang tidak lulus seleksi di tingkat kabupaten tetap semangat karena tetap menjadi anggota Paskibraka di tingkat kecamatan,” jelasnya.

Sedangkan nantinya, lanjut Dia, bagi peserta yang dinyatakan lulus menjadi anggota Paskibraka tingkat kabupaten termasuk di tingkat provinsi akan mengikuti tahapan pelatihan Paskibra, yang akan dilatih oleh para instruktur dari TNI, Polres dan Purna Paskibraka. (Ded).