Waspada Banjir, BPBD Katingan Pantau Dua Kecamatan

BITRO/BERITA SAMPIT - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Katingan, Markus.

KASONGAN – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Katingan, Markus mengatakan pihaknya memantau debit air di dua kecamatan sebagai langkah antisipasi banjir.

Menurutnya ada dua daerah rawan banjir diantaranya di Kecamatan Tasik Payawan dan Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan.

Pasalnya, debit air di dua kecamatan ini mulai menggenangi ruas jalan dan permukiman warga dengan ketinggian 50-80 centimeter (cm). Banjir tersebut diakibatkan karena guyuran hujan deras selama beberapa hari terakhir.

BACA JUGA:   Sembilan Desa di Katingan Terisolir Jaringan Telekomunikasi, Diskominfo Usulkan ke Pemerintah Pusat

“Curah hujan deras beberapa hari terakhir sangat tinggi mengakibatkan debit air naik di Katingan dan menggenangi jalan setinggi 50-80 cm,”ungkap Markus, Selasa 4 April 2023.

Tak hanya ruas jalan, pekarangan rumah masyarakat, Kantor Camat, Kantor Desa dan sejumlah sekolahan juga ikut direndam banjir.

“Kondisi banjir ini terus kita pantau perkembangan di beberapa kecamatan di Katingan. Akibat genangan air yang cukup tinggi ini,” Imbuhnya.

BACA JUGA:   Aktivitas Warga Kasongan Mulai Lumpuh Akibat Luapan Air Sungai

Sehingga membuat aktivitas masyarakat sehari-hari terhambat akibat banjir tersebut, banyak di ruas jalan tenggelam akibat banjir.

Ia berharap masyarakat tetap waspada banjir, seperti rilis yang di sampaikan BMKG, karena curah hujan sangat tinggi, di mana prakiraan cuaca hujan terjadi Kabupaten Katingan yakni di Kamipang, Katingan Tengah, Sanaman Mantikei, Marikit, Katingan Hulu, Mendawai, Katingan Kuala, Petak Malai, Bukit Raya. (Bitro)