Mandi di Gosong, Dua Bocah di Benao Hulu Tenggelam

IST/BERITA SAMPIT - Tangkapan layar foto warga saat melakukan evakuasi terhadap korban di Desa Benao Hulu, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara, Sabtu 15 April 2023.

MUARA TEWEH – Dua orang anak-anak dikabarkan tenggelam di DAS Barito, keduanya ditemukan warga dalam kondisi meninggal dunia. Peristiwa nahas itu terjadi di Desa Benao Hulu, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara. Sabtu 15 April 2023.

Camat Lahei Barat Adi Suwarman saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut, disampaikannya kedua korban, yakni Inzalna Balqis (10) dan Nor Syarifah Al Hayati (9), alamat di RT, 03, Desa Benao Hulu.

“Dua-duanya meninggal dunia, tenggelamnya sekitar pukul 06.00 WIB pagi, kita turut berduka mudah-mudahan keluarga yang ditinggalkan bisa tabah dan kuat,” ujar Adi.

BACA JUGA:   Pernyataan Sikap BKMP se-Kalimantan Terkait Kondisi Papua

Berdasarkan informasi saat itu kedua korban tengah bermain dan mandi di hamparan pasir atau gosong, tak lama kemudian korban dikabarkan tenggelam dan sempat berteriak minta tolong.

“Iya mandi di gosong, kemudian ada anak-anak lain yang melihat korban minta tolong,” ungkapnya.

Warga pun bergegas menolong, usai ditemukan korban langsung dilarikan ke Puskesmas setempat, hingga dipastikan keduanya meninggal dunia dan ditangani pihak keluarga.

“Anak yang pertama saat ditemukan langsung di bawa ke Puskesmas Benao, setelah dipastikan dalam keadaan meninggal ditangani pihak keluarga, anak kedua saat ditemukan juga ditangani pihak keluarga,” jelas Adi.

BACA JUGA:   Polisi Jaring Sejumlah Kendaraan Diduga Terlibat Balap Liar di Sampit

Atas peristiwa itu, dia mengingatkan warganya agar selalu berhati-hati saat melakukan aktifitas di sekitar sungai serta melakukan pengawasan kepada anak-anak guna antisipasi kejadian yang tak diinginkan.

“Para orang tua, agar lebih berhati-hati dan meningkatkan pengawasan terutama pengawasan kepada anak anak. Kita sangat terpukul dan sangat berduka, semoga tidak ada lagi kejadian dan bisa jadi pelajaran kita semua,” tandasnya.

Gosong biasanya muncul lantaran menurunnya debit air di Sungai Barito, setelah permukaan air sedang surut, hingga menarik perhatian anak-anak mandi dan bermain. (isk)