Baca, Ini Tahapan Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kalteng 

LIDIA/BERITA SAMPIT – Sekretaris Bawaslu Kalteng Wahidah Suaib.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Bawaslu Kalteng Wahidah Suaib menyampaikan beberapa tahapan pendaftaran anggota Bawaslu Kalteng. Hal ini disampaikan saat Sosialisasi Pendaftaran dan Konsultasi Publik Ke-2 Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kalteng, melalui Via Zoom Meeting, Sabtu 29 April 2023.

“Tahapan  ini secara garis besar dibagi 4 tahapan gitu dari pengumuman pendaftaran sampai kemudian ada verifikasi berkas sampai pengumuman, kemudian tes tertulis psikologi kemudian pengumuman, kemudian tes kesehatan wawancara kemudian pengumuman, selanjutnya ke Bawaslu RI,” ungkapnya.

Wahidah mengatakan, pendaftaran telah berlangsung sejak 17 April sampai 3 Mei 2023 ini ada ketentuan bahwa target minimal pendaftar yang diharapkan oleh Bawaslu ini adalah minimal 8 kali jumlah bahwa seluruh provinsi yang dibutuhkan.

“Sekarang kan sifatnya menambah dari Bawaslu provinsi Kalteng yang sekarang  sudah ada tiga berarti ada dua yang dicari.

Dua yang dicari adalah dua yang dipilih oleh Bawaslu yang berarti timsel itu nanti menyiapkan 4 nama, pada pada saat ini delapan kali dari jumlah kebutuhan yang dibutuhkan jadi dua kali delapan,” katanya.

BACA JUGA:   Usai Melantik, Sekda Kalteng Berpesan Tingkatkan Pelayanan Publik

Wahidah menjelaskan, kemudian  masa waktu pendaftaran itu ternyata tidak mencapai 8 kali jumlah kebutuhan atau kemudian tidak tercapai keterwakilan 30% perempuan maka diperpanjang pendaftaran hingga sampai 3 hari Ketentuan, dan kemudian apabila telah diperpanjang kemudian ternyata telah mencapai angka 8 kali jumlah kebutuhan tapi belum mencapai keterwakilan 30% maka diperpanjang untuk mengakomodir pendaftaran hanya untuk perempuan pada tiga hari berikutnya.

“Kemudian lanjut setelah pendaftaran masuk kepada pendaftaran ada masa  peserta untuk melakukan perbaikan berkas, jadi untuk yang sedang mengurus pendaftaran tidak perlu khawatir karena ada masa perbaikan berkas nantinya bisa yang dimanfaatkan,” katanya.

Wahidah mengungkapkan, kemudian penelitian dan verifikasi berkas pendaftaran dari tanggal 12 sampai 16 Mei tahun 2023 setelah itu kemudian akan mengumumkan hasil penelitian administrasi yaitu 17 Mei 2023.

BACA JUGA:   Agus Siswadi Apresiasi Peran Media Massa Sampaikan Informasi kepada Masyarakat Kalteng

“Nah setelah pengumuman  administrasi maka masa masukan masyarakat sudah berlaku dari tanggal 17 Mei sampai 6 Juni, dan 6 Juni itu adalah hari terakhir tes kesehatan sebelum masuk ke wawancara,” sebutnya.

Wahidah melanjutkan penjelasannya terkait tes tertulis pada tanggal 22 sampai 23 Mei, kemudian dua hari setelahnya tes psikologi 24 dan 25 Mei 2023 setelah itu pada tanggal 2 Juni pengumuman hasil tes tertulis dan tes psikologi.

“Untuk tes tertulis ini ada dua macam ada tes berbasis komputer dan tertulis kemudian tapi karena ini nilainya digabung.Kemudian pengumuman tes kesehatan nanti tes kesehatan tanggal 5 sampai 6 Juni 2023 dan wawancara 7 sampai 8 Juni 2023 kemudian pengumuman hasil,” tuturnya.(Lidia)