Wabup Seruyan Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII

IST/BERITASAMPIT -Wakil Bupati Seruyan Hj. Iswanti, menghadiri puncak peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) XXVII Tahun 2023 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 29 April 2023.

MAKASSAR – Wakil Bupati Seruyan Hj. Iswanti, menghadiri puncak peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) XXVII Tahun 2023 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 29 April 2023.

Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ini digelar di Anjungan Pantai Losari, dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian serta dihadiri seluruh gubernur dan bupati/walikota.

Mendagri Tito Karnavian dalam dalam sambutannya mengatakan, otonomi daerah merupakan sistem pemerintahan Indonesia yang bersifat desentralistik. Tujuannya memberikan kewenangan yang lebih luas kepada Pemerintah Daerah (Pemda) sehingga bisa berkreasi dan bermanuver untuk menyelenggarakan urusannya di daerah masing-masing.

BACA JUGA:   PWI Seruyan dan Insan Pers Buka Puasa Bersama Mitra Kerja

“Kewenangan tersebut harapannya bisa meningkatkan kreasi, inovasi, dan kemandirian fiskal di daerah masing-masing sehingga kesejahteraan masyarakat bisa tercapai,” kata Tito.

Pesan Mendagri itu sejalan dengan tema yang diangkat dalam Hari Otda kali ini, yaitu “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”.

Dalam kesempatan itu, Mendagri juga memberikan penghargaan kepada Pemda yang dinilai berprestasi berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun 2022.

BACA JUGA:   Pj Sekda Buka Sosialisasi dan Advokasi Kegiatan Pelayanan Kesehatan Bergerak

Kegiatan Hari Otda ini diramaikan dengan Tari Pakarena di Tribun Laut Anjungan City of Makassar, penandatanganan prasasti serta mengunjungi Festival Inovasi Daerah dan Festival Coto Makassar.