Festival Marunting Batu Aji 2023 Kembali di Gelar di Kobar, Plt Kadis Dikbud Jamri: 70 Peserta Siap Tampil Memungkau Pengunjung

Man/BERITA SAMPIT : Salah satu penampilan hiburan di acara Festival MBA 2023.

PANGKALAN BUN – Festival Marunting Batu Aji ( MBA )  2023Kembali diadakan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), yang dipusatkan di Stadion Sampuraga, Pangkalan Bunn Kelurahan Sidorejo Kecamatan Arut Selatan (Arsel).

Plt Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) Kabupaten Kobar Jamri, saat dikonfirmasi Selasa malam, 9 Mei 2023 membenarkan, bahwa acara Festiva MBA 2023 dimeriahkan oleh 70 peserta yang siap memukau para penunjung.

“Cara kegiatan tersebut secara resmi telah mewakili Bapak Penjabat Bupari Kobar, dibuka oleh Bapak Asisten Administrasi Umum Syahruddin, pada Senin, 8 Mei 2023, malam kemarin,“ kata Jamri.

Seperti telah disampaikan Asisten Administrasi Syahruddin , saat membacakan sambutan Pj.Bupati Kobar, kata Jamri bahwa kegiatan Festival MBA bertujuan untuk meningkatkan kreasi dan inovasi serta menanamkan apresiasi seni yang berakar pada nilai-nilai tradisi dan budaya bangsa, terutama budaya dan tradisi lokal yang ada di Kobar.

BACA JUGA:   Antisipasi Praktik Curang, Satreskrim Polres Kobar Cek Tiga SPBU

Festival ini, lanjut Jamri, merupakan salah satu cara untuk mempromosikan seni dan budaya lokal kepada masyarakat dan juga sebagai upaya untuk menjaga kelestarian budaya lokal.

“Acara ini adalah bukti nyata pemerintah daerah untuk mendukung penuh demi kemajuan seni budaya dan tradisi lokal yang telah turun temurun sejak terdahulu. Dari 70 peserta juga dipertandingkan berbagai perlombaan ketangkasan permainan-permainan daerah serta berbagai macam seni dan budaya lokal, seperti tari-tarian, musik, memasak dan lain sebagainya,“ ujar Jamri.

BACA JUGA:   Pembangunan Monumen Patung Prof. Dr. Birute Mary F Galdikas dan Suaminya Almarhum Bohap Mendapat Perhatian Khusus dari Pemkab Kobar

Peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, seniman, dan masyarakat umum memperlihatkan kepiawaian mereka yang menunjukkan kekayaan seni dan budaya lokal Kabupaten Kobar.

“Acara festival digelar dari tanggal 8  sampai 12 Mei 2023 , dan juga festival ini sebagai upaya untuk melestarikan seni dan budaya lokal agar tidak semakin terpinggirkan di tengah arus globalisasi. Harapan kami melalui festival ini, masyarakat dapat lebih mengapresiasi seni dan budaya lokal serta melestarikannya,” pungkas Jamri. (Man)