Jual Emas Warga Diprediksi Meningkat Seiring Masuk Tahun Ajaran Baru

ILHAM/BERITA SAMPIT - Aktivitas transaksi jual beli emas di pertokoan emas PPM Sampit. Rabu 10 Mei 2023.

SAMPIT – Mendekati tahun ajaran baru tahun 2023 ini, para pedagang emas perhiasan memprediksi minat jual warga terhadap emas di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, akan mengalami peningkatan seiring tingginya kebutuhan biaya sekolah.

“Alhamdulillah ada simpanan emas buat persiapan masuk sekolah, kalau tidak pasti pusing juga cari duitnya, apa lagi semua peralatan sekolah serba mahal, terutama pada buku,” kata Nisa, salah seorang warga Sampit, Rabu 10 Mei 2023.

Sementara itu pedagang emas di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit Darsani (59) mengakui, setiap tahun ketika memasuki penerimaan siswa baru, minat jual masyarakat terhadap emas pasti meningkat dikisaran 5 sampai 10 persen, dibandingkan membeli.

BACA JUGA:   SMP Negeri 1 Sampit Kembangkan Program Literasi, Libatkan Orang Tua Siswa Secara Aktif

“Biasanya meningkatnya konsumen jual emas ini akan berlangsung sekitar tiga pekan hingga satu bulan lamanya, dan kemudian akan kembali normal,” ujar Darsani.

Berdasarkan data yang diterima media ini, harga perhiasan emas cenderung masih tinggi.

Berikut daftar harga terbarunya:

Untuk emas perhiasan jenis 999/24 karat saat ini berada dikisaran Rp950.000 per gram, dan pada jenis perhiasan 750/17 karat masih berada diharga Rp800.000 per gram.

BACA JUGA:   Polisi Selidiki Penemuan Mayat Bayi Mengapung di Sungai Mentaya

Kemudian pada jenis perhiasan lainnya seperti emas 700/16 karat tetap diposisi Rp750.000, sedangkan pada emas 420/9 karat dan 375/8 karat masih dibandrol dikisaran Rp480.000 dab Rp450.000 per gram.

Melihat kondisi harga emas dunia yang tidak stabil, untuk terjadi penurunan harga menurut Darsani sangat sulit, dan diperkirakan adanya kenaikan harga bisa kemungkinan terjadi.

“Kita pedagang hanya mengikuti perkembangan harga emas dunia, jika naik ikut naik, kalau turun ikut turun,” tutup Darsani. (ilm)