Disnakertrans Imbau Para Pencari Kerja Agar Hati-Hati Terhadap Pengumuman Loker Online

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Kobar, Rakhmat Mulyanto.

PANGKALAN BUN – Berbagai informasi yang dishare/disebarkan melalui online memang luar biasa canggihnya. Namun infomasi melalui online terkadang banyak disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu, antara lain tentang pengumuman lowongan kerja (loker), yang ditayang melalui online.

“Dengan tulisan berbagai dalih, yang cukup menjanjikan oleh oknum tertentu disebarkan melalui online agar para pencari kerja tertarik, bahkan dengan embel-embel gaji/upah dan bonus, misal untuk bekerja di luar negeri ditulis dengan jumlah yang cukup besar,” kata Kepala Disnakertrans Kabupaten Kobar M. Rusli, melalui Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Rakhmat Mulyanto, Kamis, 11 Mei 2023.

Menurut Rakhmat Mulyanto, semakin merebaknya pengumuman Loker melalui online bagus saja, karena teknologi informasi IT saat ini sudah semakin maju.

BACA JUGA:   TP PKK Kobar Bagikan Ratusan Bungkus Takjil  kepada Warga

“Namun kami menghimbau kepada masyarakat pencari kerja, agar hati-hati kalau melihat dan membaca ada pengumuman lowongan kerja melalui online, misal dari salah satu perusahaan yang belum kita ketahui tempat dan alamatnya. Dan sebaiknya, bagi warga masyarakat yang akan melamar pekerjaan melalui online sebelumnya harus dicek dulu keberadaan perusahaannya dan lokasinya,” ucap Rakhmat.

Dijelaskan Rakhmat, Disnakertrans Kabupaten Kobar menyampaikan sosialisasi himbau kepada masyarakat pelamar pekerjaan, sesuai dengan instruksi Kementerian Tenaga Kerja pusat melalui zoom meeting. Dalam tajuknya “Sikat Sindikat”.

BACA JUGA:   Ini Giat Safari Ramadan 1445 H Kapolda Kalteng ke Kotawaringin Barat

“Terutama pada perdagangan orang, kan ada beberapa yang patut kita duga, seperti misalnya kemarin kalau tidak salah 20 orang kita (WNI) Warga Negara Indonesia,” ucap Rakhmat.

Seraya menambahkan, bagi masyarakat yang akan ikut pelatihan kejuruan silahkan datang ke Disnakertrans. Karena sudah sejak lama Disnakertrans Kabupaten Kobar telah menyediakan UPTD BLK (Balai Latihan Kerja).

“Tujuan dari latihan di UPTD BLK, nantinya bisa juga untuk memudahkan masyarakat yang akan mencari kerja, atau masyarakat yang akan berwiraswasta dengan salah satu modalnya adalah telah memiliki keahlian/kecakapan misal memperbaiki dynamo, menjahit dan salin sebagainya,” pungkas Rakhmat Mulyanto. (Man).