Pelaku Usaha di Kalteng Harus Siap Bersaing Secara Global

LIDIA/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah Aster Bonawaty

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah Aster Bonawaty  mengatakan, pelaku usaha di Kalteng harus siap bersaing secara global. Hal ini disampaikan saat ditemui awak media, di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Selasa 16 Mei 2023.

“Kita sudah siap apapun kebijakan dari pusat, kita nantinya akan terus melakukan pembinaan kepada pelaku usaha khususnya yang memiliki industri di Kalimantan Tengah, untuk bersiap-siap menghadapi persaingan global dengan memperbaiki hasil produksinya, kuantitas maupun kualitasnya,” ungkapnya.

BACA JUGA:   DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat Kunjungi Dislutkan Kalteng

Aster Mengatakan, pihaknya  akan mengikuti arahan pusat dengan melihat  apa yang dilakukan untuk menyikapi kebijakan dari pimpinan pusat.

“Pelaku usaha juga diharapkan mampu membaca aktivitas pasar, dan memahami apa yang disukai dan dibutuhkan oleh pasar,” sebutnya.

Aster mengungkapkan, terkait ekonomi kreatif pihaknya juga berkolaborasi dan bersinergi dengan wisata untuk Bangga  Buatan Indonesia, sehingga barang-barang buatan Indonesia yang akan di dorong.

BACA JUGA:   Dispursip Kalteng Fasilitasi Seluruh Perangkat Daerah untuk Mempelajari Aplikasi Srikandi

“Kemudian bersinergi dengan Bangga Berwisata di Indonesia, jadi keduanya saling menarik antara Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia,” katanya.

Aster menyampaikan bahwa,  dalam hal tersebut adanya wisata berarti ada barang yang dijual, seperti adanya kegiatan Expo maka wisata juga menarik, artinya ada keseimbangan dari kedua hal tersebut. (Lidia)