Wabup Hadiri Kegiatan Pameran Inovasi Stunting Dalam Pelaksanaan Delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting

IST/BERITASAMPIT - Wakil Bupati Seruyan Hj. Iswanti didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Seruyan Bahrun Abbas saat mengikuti kegiatan penilaian kinerja kabupaten/kota tahap 2 dan pameran inovasi stunting dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting tahun 2023.

PALANGKA RAYA – Wakil Bupati Seruyan Hj. Iswanti didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Seruyan Bahrun Abbas mengikuti kegiatan penilaian kinerja kabupaten/kota tahap 2 dan pameran inovasi stunting dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting tahun 2023.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo, di Aula Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Rabu 31 Mei 2023.

Dalam sambutannya Wagub mengatakan percepatan stunting menjadi salah satu agenda prioritas nasional dan daerah termasuk Kalteng, guna mempercepat pembangunan Sumber Daya Manusia yang cerdas, sehat, dan berdaya saing.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Ikuti Rakor Inflasi Mingguan

“Mengingat masalah stunting dapat menjadi penghambat dari pembangunan manusia Indonesia yang cerdas dan produktif, maka dalam pelaksanaannya diperlukan sebuah penilaian kinerja untuk mengevaluasi pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting yang dilakukan pemerintah kabupaten/kota, dengan menggunakan instrumen penilaian berdasarkan indikator dan periode waktu yang ditetapkan,” kata Wagub.

Upaya pencegahan stunting, lanjut dia, membutuhkan keterpaduan penyelenggaraan intervensi gizi dan kelompok sasaran prioritas.

“Untuk mencapai keterpaduan integrasi tersebut memerlukan keselarasan, perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan, dan pengendalian baik lintas sektor maupun antar Pemerintah dan masyarakat,” ujar Wagub.

BACA JUGA:   Pj Sekda Buka Sosialisasi dan Advokasi Kegiatan Pelayanan Kesehatan Bergerak

Untuk itu, dia berharap seluruh pemangku kepentingan dapat berkomitmen dengan segera merumuskan langkah strategis dalam mengimplementasikan lima pilar strategi nasional, sekaligus menjalankan program strategis dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), sehingga menjadikan target penurunan prevalensi stunting sebagai salah satu indikator kinerja kepala daerah dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada.

“Semoga kegiatan ini menjadi momentum bagi kita semua dalam menyamakan persepsi, menyatukan gerak dan langkah, serta dapat meningkatkan sinergisitas dan penyelarasan tata laksana dan ketercapaian program penurunan stunting guna mewujudkan Kalimantan Tengah Makin BERKAH,” imbuhnya.